NEWS

Waspadai Penipuan, Ini Cara Resmi Beli Barang Lelang Pegadaian

Pegadaian selalu gelar lelang secara offline.

Waspadai Penipuan, Ini Cara Resmi Beli Barang Lelang PegadaianIlustrasi Pegadaian/ Dok Perusahaan
28 April 2023

Jakarta, FORTUNE - Cara membeli barang lelang PT Pegadaian (Persero) penting Anda simak agar tidak menjadi korban penipuan. Pasalnya, banyak akun bodong di media sosial yang menawarkan produk-produk lelang dengan harga miring dan mengatasnamakan Pegadaian.

Modus ini tersebar di Instagram, Facebook, Twitter, maupun jejaring pesan seperti SMS, WhatsApp maupun Telegram. 

Pada Telegram, pelaku penipuan melancarkan modusnya dengan membuat grup yang mengatasnamakan Pegadaian, PT Pegadaian, atau PT Pegadaian (Persero). Ia menawarkan berbagai barang berharga mulai dari mobil, sepeda motor, emas, handphone, laptop atau barang berharga lainnya.

“Jadi, partisipan yang tergabung dalam grup ditawari berbagai barang lelang dengan iming-iming harga murah. Kemudian mereka diminta melakukan pemesanan, selanjutnya mentransfer dana sesuai harga barang yang dipilih,” ujar Vice President of Corporate Communication PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani.

Manajemen Pegadaian telah berulang kali mengimbau masyarakat yang selama ini menggunakan sistem layanan Pegadaian Online dan Pegadaian Digital Service (PDS) untuk mewaspadai modus penipuan terkait lelang online yang mengatasnamakan perusahaan.

Sebab Pegadaian memang tidak melayani aktivitas lelang dengan sistem online dan tak memiliki program tersebut.

Lantas bagaimana cara membeli barang jaminan jatuh tempo yang dilelang Pegadaian?

Langkah beli barang jaminan di Lelang Pegadaian 

Pegadaian melakukan lelang barang jaminan gadai yang jatuh tempo di Kantor Cabang Pegadaian, atau bazar/pameran resmi perusahaan.

Program lelang di Pegadaian dapat diikuti dengan mendatangi langsung ke kantor perseroan. 

Caranya sebagai berikut:-

  • cek secara berkala situs resmi Pegadaian di pegadaian.co.id atau akun media sosial resmi PT Pegadaian (Persero). Lelang biasanya terdapat di salah satu lokasi outlet PT Pegadaian (Persero)
  • Jika terdapat pengumuman lelang barang jaminan jatuh tempo, biasanya akan terdapat tautan pendaftaran peserta lelang. Anda perlu mengisinya untuk dapat ikut dalam program bazaar tersebut.
  • Setelahnya, Anda bisa datang ke tempat lelang diselenggarakan pada waktu yang telah ditentukan PT Pegadaian (Persero) selaku penyelenggara. Biasanya bazaar dibuka pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.
  • Sebelum datang ke tempat gadai, pastikan Anda membawa identitas pribadi yang diperlukan untuk proses administrasi pembelian barang lelang
  • Barang yang dilelang ditampilkan di ruang depan kantor Pegadaian serta diberi nomor urut berdasarkan jenis barang.
  • Terdapat berbagai jenis barang jaminan, terutama emas, baik batangan maupun perhiasan yang bisa dibeli oleh peserta lelang. Anda tinggal menunjuk barang yang diinginkan dengan menyebutkan nomornya.
  • Pembelian barang lelang bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pembelian dengan sistem Gadai Emas Angsuran, Gadai Tabungan Emas Angsuran, Gadai Emas, Gadai Tabungan Emas, dan juga dibeli secara tunai.
  • Penting untuk diingat bahwa barang lelang di Pegadaian tak berbeda jauh dengan harga di pasaran. Sehingga jika ada barang dengan harga miring apalagi jika ditawarkan lewat program non resmi, Anda patut mencurigainya.
  • Setelah menentukan barang yang ingin dibeli, Anda tinggal mendatangi kasir, mengisi formulir dan melakukan pembayaran atas barang dimaksud 

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.