NEWS

Waspadai Obesitas Sejak Dini, Ini Tips Menghindarinya

Klaim penyakit stroke di Allianz Life capai 1.161 kasus.

Waspadai Obesitas Sejak Dini, Ini Tips MenghindarinyaDokter dan gadis kecil di rumah sakit. Shutterstock/Africa Studio.
05 August 2024

Jakarta, FORTUNE - Penyakit Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang kian mengkhawatirkan di Indonesia. Menurut NCD Risk Factor Collaboration (NCD-RisC) per 1 Maret 2024, sebanyak 6,53 persen laki-laki dewasa dan 16,58 persen perempuan dewasa di Indonesia mengalami obesitas. 

Tidak hanya dialami oleh orang dewasa, obesitas juga mengintai anak-anak, dengan anak laki-laki di Indonesia mencapai 11,26 persen dan anak perempuan 10,30 persen pada periode yang sama.  

Customer Claims Experience Manager Allianz Life Indonesia, dr. Elva Septiruliana, menjelaskan peningkatan itu berkaitan dengan semakin maraknya kebiasaan gaya hidup tidak sehat seperti sedentary lifestyle atau gaya hidup yang cenderung malas bergerak alias mager. 

Selain itu, ada pula kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi, hingga begadang yang bisa mengganggu ritme jam biologis tubuh hingga menimbulkan perubahan hormon yang akan mengganggu kerja insulin. 

“Apabila kebiasaan seperti ini terus berlanjut, bukan hanya sekadar berpengaruh pada obesitas, tetapi juga meningkatkan berbagai risiko penyakit kritis lainnya, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga stroke”, kata Elva melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (5/8). 


 

Klaim penyakit stroke di Allianz Life capai 1.161 kasus

Orang-orang memakai masker wajah di bawah tanah London saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berlanjut di London, Inggris, Selasa (30/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/HP/sa.
Orang-orang memakai masker wajah di bawah tanah London saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berlanjut di London, Inggris, Selasa (30/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/HP/sa.

Menurut Kementerian Kesehatan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah penyakit kritis lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. 

Hal ini sejalan dengan jumlah klaim Asuransi kesehatan yang diterima Allianz Life Indonesia pada periode semester pertama 2024, dengan 1.499 klaim terkait penyakit jantung, 1.161 klaim terkait stroke, dan 898 klaim terkait penyakit diabetes. 

Ia kembali menjelaskan kondisi penumpukan lemak berlebih di tubuh ini diakibatkan karena tubuh menerima asupan kalori lebih besar dibandingkan dengan yang dikeluarkan, dan itu berlangsung dalam jangka waktu lama. 

Ini tips menghindari obesitas

Ilustrasi donat berbagai topping (Unsplash/@rodlong)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.