NEWS

Daftar Istilah Dalam Lelang, Penting untuk Diingat!

Pelajari ini sebelum mengikut lelang

Daftar Istilah Dalam Lelang, Penting untuk Diingat!ilustrasi lelang (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)
30 October 2023

Terdapat sejumlah istilah dalam lelang yang perlu Anda pelajari. Kegiatan lelang saat ini semakin banyak digemari oleh banyak orang. Ada beragam jenis lelang yang diadakan, mulai dari lelang mobil, barang antik, dan lainnya.

Barang-barang yang dijual di balai lelang umumnya grade A atau masih layak untuk digunakan. Anda bisa mendapatkan barang bekas dari harga yang lebih rendah hingga harga sesuai pasaran.

Pada mulanya, lelang hanya dilakukan secara offline, dimana peserta harus datang ke balai lelang dan mendaftar terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, lelang telah dilakukan secara online. 

Sebelum Anda mengikuti lelang, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu beberapa istilah lelang. Mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, berikut daftar istilah lelang.

Balai lelang

Balai lelang merupakan Perseroan Terbatas (PT) berbadan hukum resmi yang didirikan untuk melakukan kegiatan di bidang pelelangan. Salah satu balai lelang di Indonesia yaitu AUKSI yang berfokus melelang mobil bekas.

Bid and Run (BNR)

Istilah dalam lelang lainnya yang perlu peserta ketahui adalah Bid and Run (BNR). Istilah ini mengacu pada tindakan peserta yang memenangkan lelang, tapi tidak melunasi kewajiban pembayaran. Tindakan ini dapat dikategorikan sebagai wanprestasi pada lelang.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.