NEWS

5 Kabupaten Terluas di Indonesia, Mengalahkan Singapura!

Mencapai 46 ribu km2!

5 Kabupaten Terluas di Indonesia, Mengalahkan Singapura!ilustrasi kabupaten Merauke (unsplash.com/Deco Kogoya)
05 June 2023

Indonesia terbagi dalam beberapa wilayah tingkatan, mulai dari provinsi, kabupaten/kota, sampai dengan tingkat kelurahan. Saat ini, Indonesia memiliki 38 provinsi yang terdiri dari 514 kabupaten/kota.

Dari jumlah tersebut, hanya terdapat 5 kabupaten terluas di Indonesia. Bahkan, terdapat kabupaten yang luasnya 50 kali lipat dari luas negara Singapura.

Kabupaten mana saja itu? Simak selengkapnya daftar kabupaten terluas di Indonesia. 

Pengertian kabupaten

kabupaten
ilustrasi kabupaten (unsplash.com/Asso Myron)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kabupaten adalah daerah swatantra tingkat II atau setingkat kota madya yang dipimpin oleh bupati. Selain itu, kabupaten merupakan bagian dari provinsi yang terdiri dari beberapa kecamatan.

Secara administratif, kedudukan kabupaten sama dengan kota, yaitu berada di bawah provinsi. Keduanya memiliki kewenangan serta tanggung jawab yang serupa.

Baik kabupaten maupun kota memiliki kewajiban menyediakan fasilitas dan layanan untuk kebutuhan masyarakat., mulai dari fasilitas peribadatan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, dan lainnya.

Daftar kabupaten terluas di Indonesia

Indonesia
ilustrasi Indonesia (unsplash.com/Ridho Ibrahim)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.