IBM Siapkan Pelatihan Teknologi AI Gratis via Program IBM SkillsBuild

Perempuan dan pelajar perlu bersiap hadapi era teknologi AI.

IBM Siapkan Pelatihan Teknologi AI Gratis via Program IBM SkillsBuild
Media Briefing bertema IBM Impact for Adult Learners, Academia, and Women in Workforce. (dok IBM)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan teknologi global, IBM, menargetkan 30 juta orang lebih mengikuti pelatihan Teknologi AI (Artificial Intelligence) melalui program IBM SkillsBuild hingga 2030.

Vice President and Chief Impact Officer at IBM, Justina Nixon-Saintil, mengatakan bahwa program ini akan memberikan pelatihan gratis kepada tiga segmen pengguna yang dinilai memiliki potensi besar dalam pengembangan teknologi AI, yakni pelajar sekolah menengah atas, mahasiwa perguruan tinggi, dan masyarakat dewasa.

"Pada 2022, IBM menargetkan untuk melatih satu juta perempuan dan anak perempuan di kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, dalam lima tahun ke depan. Per 30 April 2024, kami telah berhasil menjangkau hampir 650.000 perempuan dewasa dan anak perempuan," ujar Justina dalam acara media gathering di kantor IBM, Jakarta, Senin (26/8).

Justina mengungkapkan bahwa program ini krusial, karena menurut studi IBM, sebanyak 51 persen CEO di Indonesia mendorong organisasi mereka untuk mengadopsi AI generatif dengan cepat, namun belum mempertimbangkan sepenuhnya kenyamanan dan dampak langsung AI generatif terhadap karyawan mereka.

Visi Indonesia Emas 2045

Presiden Direktur IBM Indonesia, Roy Kosasih. (dok. IBM)

President Director IBM Indonesia, Roy Kosasih, mengatakan upaya ini adalah bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045. IBM pun siap mendampingi organisasi-organisasi di Indonesia dalam mengevaluasi ulang kebutuhan keterampilan dan peran pekerjaan di era teknologi AI, dengan bantuan pendampiangan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja di masa sekarang dan masa depan.

Menurutnya, saat ini banyak perusahaan kemungkinan besar sudah memiliki talenta yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mengidentifikasi potensi kesenjangan dalam hal efisiensi.

“Dengan demikian, sebuah budaya yang membantu karyawan melihat nilai penggunaan keterampilan teknologi terbaru seperti AI dan keamanan siber akan menghasilkan inovasi baru dalam bisnis,” kata Roy.

Kemitraan

Ilustrasi AI besutan IBM, watsonx (Dok. IBM)

IBM bekerja sama dengan organisasi non-profit Markoding dan Universitas Ciputra, untuk memberikan pelatihan gratis kepada ribuan pelajar generasi muda dan profesional di Indonesia.

Markoding membuka akses bagi 1.300 perempuan di seluruh Indonesia untuk pelatihan pengembangan web dan desain UX, jalur pembelajaran baru, serta mentorship melalui IBM SkillsBuild for Adult Learners.

Sedangkan, seluruh mahasiswa Universitas Ciputra baik yang di Surabaya, Makassar, dan program Distant Learning (pembelajaran jarak jauh), akan mendapat akses pembelajaran materi dasar AI, AI generatif, etika AI, penulisan prompt, machine learning, dan banyak lagi melalui IBM SkillsBuild for Academia.

Founder Markoding dan gerakan Perempuan Inovasi, Amanda Simandjuntak, mengatakan bahwa kemitraan dengan IBM jadi sebuah terobosan bagi perempuan Indonesia untuk bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang teknologi AI. “Kami memberdayakan mereka untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan ekosistem inovasi digital,” ujarnya.

Sekretaris Dewan Eksekutif Universitas Ciputra, Denny Bernardus, menambahkan bahwa Kemitraan bersama IBM melalui program SkillsBuild sejalan dengan misi kami dalam membangun pola pikir kewirausahaan dan pemikiran inovatif di seluruh kampus Ciputra.

“Melalui penyertaan sumber daya IBM ke dalam kurikulum kami, kami tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk memainkan peran penting pada visi Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi pemimpin di bidang AI dan teknologi digital di masa depan,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Harga BBM Terbaru per 1 Oktober 2024, Untuk Semua Wilayah
OpenAI Ditaksir Merugi Rp75,58 Triliun Akhir Tahun, Ini Sebabnya
Laba ABM (ABMM) Lo Kheng Hong Turun 51%, Saham Tertekan
Daftar Pemegang Saham Tol Transjawa Setelah Divestasi JSMR
Waspada IHSG Terkoreksi, Dibayangi Sejumlah Sentimen
Kadin Akan Gelar Munas Usai Pelantikan Prabowo Subianto