Ekonomi Kreator Sebagai Katalis pada Industri Esports
Potensi perekonomian ini di dalam negeri sangat besar.
Jakarta, FORTUNE - Industri esports telah mengalami pertumbuhan fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Alhasil, esports menjadi salah satu sektor hiburan yang perkembangannya paling cepat di dunia.
Esports, yang merupakan kependekan dari electronic sports, merujuk pada kompetisi permainan video pada tingkat profesional. Meski awalnya hanya merupakan kegiatan rekreasional yang sifatnya menghibur, kini esports bertransformasi menjadi industri berskala besar yang menarik perhatian ribuan penonton secara global.
Cerminan dari pertumbuhan pesat industri ini tidak hanya terdapat pada peningkatan jumlah turnamen dan acara besar yang diselenggarakan di banyak negara di dunia. Kreator atau individu yang menciptakan konten terkait esports juga berperan krusial dalam menggerakkan perekonomian dalam industrinya.
Di Indonesia, perekonomian yang berbasis kreator konten memiliki potensinya sendiri. Secara umum, label untuknya adalah ekonomi kreator, yang merujuk pada dinamika ekonomi yang terbentuk di sekitar individu-individu yang menciptakan dan mendistribusikan konten digital, seperti video, live streaming, artikel, dan karya kreatif lainnya melalui platform-platform online.
Dalam konteks industri esports, ekonomi kreator menyumbang pembentukan dan pengayaan ekosistem esports. Melalui konten-konten yang mereka hasilkan, para esports content creators dapat menghibur dan memberikan informasi seputar esports kepada penggemar. Mereka berperan meningkatkan popularitas dan daya tarik industri di kalangan masyarakat yang lebih luas.
Sebagai perusahaan media dengan audiens Millennial dan Gen Z di Indonesia, IDN Media memahami peran besar ekonomi kreator dalam perkembangan industri esports. Karenanya, IDN Media konsisten menyediakan konten-konten seputar esports yang positif, real-time, lengkap, dan tepercaya melalui GGWP—yang merupakan media digital IDN Media di bidang esports.
Selain itu, beberapa esports players, yaitu PAOX TIPI, Bigetron Esports, dan AURA Esports memperkuat basis penggemarnya dengan melakukan live streaming secara rutin di platform live streaming IDN Live milik IDN Media. IDN Live pun menjadi salah satu platform IDN Media yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreator karena para players berkesempatan untuk mendapatkan virtual gift dari para penggemarnya selama sesi live streaming berlangsung.
Lebih lanjut, IDN Media juga ikut berkontribusi dalam membangun ekonomi kreator melalui unit bisnisnya, yaitu ICE (Indonesia Creators Economy). ICE merupakan content creator marketplace yang memiliki visi mendemokratisasi ekonomi kreator di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. ICE menghubungkan brand dan content creator untuk berkolaborasi serta menyediakan layanan mulai dari tahap development strategi, campaign management, hingga bagian reporting pasca campaign.
ICE telah bekerja sama dengan ratusan kreator konten pada berbagai niche, termasuk dalam bidang esports. ICE menawarkan berbagai kolaborasi menguntungkan untuk para esports content creator sehingga mereka dapat membangun basis penggemar yang lebih besar dan mendapatkan pendapatan dari kerja sama brand/sponsorship melalui, misalnya, sesi live streaming, paid partnership, ads, dan lain-lain.
Ambil contoh Bangpen, esports content creator yang bekerja sama dengan ICE. Melalui ICE, dia mendapatkan kesempatan lebih luas untuk berkolaborasi dengan berbagai brand melalui konten-konten gaming-nya.
Selain menyediakan akses bagi creators untuk berkolaborasi dengan berbagai brand, ICE pun secara rutin menyelenggarakan berbagai pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas dari para kreatornya, khususnya dalam bidang esports.
Komitmen tersebut ditujukan untuk memungkinkan produksi konten esports yang berkualitas dan dikenal oleh khalayak luas, yang nantinya akan semakin memajukan industri esports.
Sekadar contoh saja, ICE sempat mengadakan pelatihan untuk para kreator yang bergabung di IDN Live, termasuk esports content creators. Selama pelatihan berlangsung, para kreator pun dapat membina jejaring di antara sesamanya sehingga membuka kesempatan untuk berkolaborasi.
Dengan adanya ekonomi kreator yang berperan sebagai pendorong utama, industri esports telah berhasil memperluas jejaknya di dunia hiburan global. Dukungan dan minat para kreator melalui konten-konten kreatifnya turut menciptakan komunitas yang kuat dan beraneka ragam serta menghubungkan penggemar dari berbagai belahan dunia dalam cinta bersama terhadap kompetisi elektronik.
Seiring dengan tumbuhnya popularitas dan dampak ekonomi kreator, industri esports diharapkan akan terus berkembang dan mendapatkan tempat yang semakin mengesankan dalam lanskap hiburan global.