5 Jenis Pinjaman Tunai di Indonesia, Kelebihan dan Kekurangannya

Ada dua kategori pinjaman tunai di Indonesia.

5 Jenis Pinjaman Tunai di Indonesia, Kelebihan dan Kekurangannya
ilustrasi pinjaman bunga rendah (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ada berbagai jenis Pinjaman tunai di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat.

Setiap jenis pinjaman memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing, sehingga penting untuk memahami perbedaannya sebelum memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terkadang, Anda membutuhkan pinjaman tunai dalam situasi mendesak. Pinjaman tunai adalah salah satu produk dari perusahaan atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman kepada calon konsumen (peminjam atau debitur).

Secara umum, ada dua jenis pinjaman tunai, yaitu pinjaman dengan agunan (jaminan) dan pinjaman tanpa agunan. Kedua jenis pinjaman ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis pinjaman tunai  di Indonesia, berikut ini ulasannya yang dirangkum dari laman CIMB Niaga.

1. Kredit multiguna

Kredit multiguna termasuk dalam kategori pinjaman dengan agunan. Produk perbankan ini menyediakan fasilitas pinjaman tunai kepada peminjam dengan syarat memberikan jaminan. Besaran pinjaman yang disetujui akan disesuaikan dengan nilai jaminan tersebut. Syarat umum bagi peminjam adalah berusia di atas 21 tahun dan memiliki pendapatan bulanan yang sesuai dengan ketentuan produk kredit multiguna yang dipilih.

2. Pegadaian/tempat gadai

Anda dapat mengajukan pinjaman di pegadaian dengan menjaminkan barang berharga seperti BPKB kendaraan. Untuk mendapatkan pinjaman tunai di pegadaian, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti KTP, KK, surat nikah (bagi yang sudah menikah), serta STNK atau BPKB kendaraan bermotor. Pastikan memilih pegadaian yang memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Kredit tanpa agunan

Jenis kredit yang ketiga adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Seperti namanya, kredit ini tidak memerlukan jaminan sehingga sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu, proses pencairannya juga relatif cepat. Untuk mendapatkan pinjaman KTA, peminjam harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP), fotokopi kartu kredit, fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan rekening koran bank.

4. Pinjaman online

Pinjaman online (pinjol) adalah layanan pinjaman dana yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan secara online. Jenis pinjaman ini sangat mudah dan efisien karena Anda tidak perlu mengantre di bank, cukup mendaftar melalui ponsel.

Persyaratan umum untuk pinjaman tunai online biasanya mencakup kepemilikan KTP, usia minimal peminjam, Kartu Keluarga (KK), buku tabungan, dan peminjam harus memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengajukan pinjaman melalui pinjol, karena banyak kasus di mana peminjam mengalami kerugian akibat pinjol ilegal.

5. Kartu kredit

Jenis pinjaman yang terakhir adalah kartu kredit, yang merupakan fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya. Nasabah dapat menarik uang dari rekening kartu kredit di mesin ATM. Sebelum menggunakan kartu kredit, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu biaya yang dikenakan, suku bunga, serta limit kredit dan batas tarik tunai.

Itulah jenis pinjaman tunai di Indonesia. Memilih jenis pinjaman tunai yang tepat di Indonesia sangat bergantung pada kebutuhan finansial dan kondisi pribadi Anda. Sebelum memutuskan, selalu periksa suku bunga, biaya tambahan, dan syarat-syarat lainnya agar tidak mengalami kesulitan di kemudian hari. Dengan memahami kelima jenis pinjaman tunai ini, Anda dapat membuat keputusan finansial yang lebih bijak.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi