NEWS

Student Loan adalah Pinjaman Pendidikan untuk Mahasiswa, Ada Manfaat?

Pinjaman untuk biaya kuliah

Student Loan adalah Pinjaman Pendidikan untuk Mahasiswa, Ada Manfaat?ilustrasi mahasiswa (unsplash/element5digital)
27 May 2024

Mahalnya biaya kuliah menjadi topik yang mencuat akhir-akhir ini di kalangan masyarakat Indonesia, terlebih kalangan mahasiswa. Ada banyak pihak yang menyuarakan pendapat tentang kenaikan biaya kuliah yang memberatkan pelajar Indonesia untuk mengakses pendidikan.

Di tengah perdebatan tersebut, muncul wacana Student Loan sebagai upaya mendukung finansial mahasiswa. Student loan adalah jenis pinjaman pendidikan yang diberikan pada mahasiswa.

Sebenarnya, apa itu student loan dan manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian student loan

Student loan adalah suatu sistem pinjaman pendidikan yang bisa diambil mahasiswa untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi. Pinjaman tersebut bisa diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta, seperti perbankan, lembaga keuangan, atau organisasi lain.

Umumnya, pinjaman tersebut diberikan dengan suku bunga rendah dengan jangka waktu pembayaran yang cukup panjang. Dengan begitu, mahasiswa bisa melunasi pinjaman tersebut hingga lulus.

Sistem pinjaman ini sudah banyak diterapkan di negara-negara maju. Salah satunya Amerika Serikat yang menyediakan sistem pinjaman tersebut bagi mahasiswa yang kurang mampu dalam finansial untuk mengakses pendidikan yang layak.

Student loan di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, topik mengenai student loan hangat diperbincangkan akhir-akhir ini. Sistem pinjaman tersebut diajukan sebagai salah satu upaya memfasilitasi mahasiswa Indonesia bisa memperoleh pendidikan di perguruan tinggi.

Nyatanya, konsep pinjaman atau kredit sudah pernah diperkenalkan di Indonesia sebelumnya. Pada awal tahun 1982, Bank Indonesia memperkenalkan Kredit Mahasiswa Indonesia atau KMI.

Lewat program tersebut, pemerintah mendorong mahasiswa lebih cepat lulus dengan mengajukan pinjaman di perguruan tinggi negeri yang disubsidi pemerintah. Dengan begitu, mahasiswa tidak perlu meminjam biaya dari pihak lain maupun mencari pekerjaan sebelum menyelesaikan skripsi.

Meskipun begitu, KMI harus diberhentikan karena mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya. Salah satunya faktor KMI diberhentikan karena dirasa tidak efektif. Untuk bisa mendapatkan ijazah, mahasiswa perlu melunasi pinjaman pendidikan tersebut.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.