MARKET

2024, Sinar Eka Selaras (ERAL) Bidik Kinerja Naik hingga 20%

Ini katalis pertumbuhan bisnis ERAL di 2024.

2024, Sinar Eka Selaras (ERAL) Bidik Kinerja Naik hingga 20%Konferensi Pers PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) jelang IPO/ Fortune Indonesia Suheriadi
18 June 2024

Fortune Recap

  • PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) menargetkan pertumbuhan bisnis sebesar 15-20 persen hingga 2024, dengan penjualan triwulan I 2024 tumbuh lebih dari 20 persen.
  • Pendapatan ERAL naik menjadi Rp1,09 triliun, namun laba bersihnya turun menjadi Rp41 miliar di kuartal I 2024. Pertumbuhan penjualan didorong oleh kategori baru seperti active & lifestyle serta private label.
  • Challenges for ERAL in 2024 include careful store location selection due to being a new player, IT infrastructure readiness for business expansion, and human resource development to adapt to different industry categories.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) membidik pertumbuhan bisnis di kisaran 15 persen–20 persen sepanjang 2024.

Per kuartal I 2024, anak usaha PT Erajaya Swasembada Tbk itu telah mencatatkan pertumbuhan penjualan lebih dari 20 persen. Menurut Direktur Utama ERAL, Djohan Sutanto, perseroan meyakini hal tersebut akan bertahan sampai dengan akhir tahun.

"Bila tidak ada sesuatu yang bersifat major, maka ekspektasi kami, yang terjadi pada kuartal I adalah cerminan yang kita bisa bawa sampai dengan akhir 2024," kata Djohan dalam paparan publik, dikutip Selasa (18/6).

Adapun, pada triwulan pertama ini, ERAL membukukan pendapatan Rp1,09 triliun, naik dari RP905 miliar pada periode serupa pada 2023. Namun, laba bersihnya menurun dari Rp51 miliar pada kuartal I 2023, menjadi Rp41 miliar pada kuartal I 2024.

Katalis pertumbuhan penjaualn perseroan adalah kategori-kategori baru dalam bisnisnya, yakni active & lifestyle serta private label. Pertumbuhan terpesat terjadi pada sejumlah produk seperti garmin dan DJI (merek drone) pada kategori smart, juga ASICS dan JDsport pada kategori lifesyle. Segmen-segmen itu juga diharapkan akan menopang kinerja perseroan ke depan.

Untuk itu, ERAL akan menggenjot pengembangan kategori dan ekspansi gerai. Terkait gerai, perseroan membidik membuka sekitar 40–50 gerai baru. Sampai dengan Mei 2024, sudah ada 16 toko baru dibuka. Djohan berujar, realisasi dari pembukaan gerai baru berpotensi sedikit melambat karena momentum lebaran.

Adapun, dari segi pengembangan, kategori active dan lifestyle akan jadi konsentrasi. "Namun kami tidak melupakan kategori smart, yang merupakan salah satu kontribusi utama terhadap bisnis ERAL pada hari ini," kata Djohan.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.