NEWS

Ini Pembagian Kategori SIM C yang Terbagi Jadi 3 Golongan

Pembagian SIM C berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor.

Ini Pembagian Kategori SIM C yang Terbagi Jadi 3 GolonganSepeda motor. (Wikimedia Common/Putu Agung Wiaskara)
23 December 2022

Jakarta, FORTUNE – Pengguna kendaraan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebelum berkendara di jalan umum. SIM terdiri dari beberapa kategori. 

Secara umum, SIM A untuk mobil di bawah 3.500 kg, SIM B1 untuk mobil lebih dari 3.500 kg, SIM B2 untuk mengemudikan alat berat atau kendaraan penarik bawaan lebih dari 1.000 kg, serta SIM C untuk pengendara sepeda motor. Namun, tahukah bahwa SIM C juga terbagi lagi menjadi tiga kategori?

Sesuai dengan Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan. Hal ini pun berlaku bagi pengendara sepeda motor, dengan SIM yang terbagi juga menjadi 3 kategori.

Kategorisasi SIM C

Sepeda Motor.
Sepeda Motor. (PxHere)

Sebelumnya SIM C hanya memiliki satu kategori untuk pengemudi sepeda motor, apa pun jenisnya. Namun, sejak Februari 2021, Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 mengharuskan pengemudi sepeda motor memiliki SIM sesuai besaran kapasitas mesin motor yang ditunggangi.

SIM C wajib dimiliki oleh pengemudi sepeda motor bermesin maksimal 250 cc, sementara untuk SIM C1 harus dimiliki oleh pengendara sepeda motor berkapasitas mesin 250-500 cc atau kendaraan sejenis yang menggunakan daya listrik, sedangkan untuk pengendara sepeda motor di atas 500 cc atau kendaraan sejenis yang menggunakan daya listrik, wajib memiliki SIM C2.

Perlu diingat, SIM C1 hanya bisa dibuat jika sudah memiliki SIM C setidaknya selama 12 bulan, dan sudah berusia minimal 18 tahun. Sedangkan, SIM C2 adalah golongan tertinggi yang syarat pembuatannya sudah memiliki SIM C1 minimal 12 bulan dan usia minimal 19 tahun. Dengan memiliki SIM C2 berarti tak perlu lagi membawa SIM C atau SIM C1.

Menurut Korps Lalu Lintas Polri, penggolongan SIM dilakukan karena mempertimbangkan pengendalian motor besar yang memerlukan keahlian khusus. Untuk itu, dibutuhkan pembeda untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Biaya pembuatan dan perpanjangan

Sepeda motor.
Sepeda motor. (Pixnio/Bicanski)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.