NEWS

Jokowi Minta Maaf Usai Ungkap Pencapaian Pemerintahannya

Jokowi serahkan estafet kepemimpinan kepada Prabowo.

Jokowi Minta Maaf Usai Ungkap Pencapaian PemerintahannyaJokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8). (Tangkapan layar)
16 August 2024

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan permohonan Maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia menjelang berakhirnya periode kepemimpinannya bersama K.H. Ma’ruf Amin Oktober mendatang.

Permintaan maaf itu ia ungkapkan usai menjelaskan beberapa Pencapaian diasa pemerintahannya.

“Saya tahu bahwa hasil yang kita capai pada saat ini belum sepenuhnya tuntas mencapai hasil akhir, belum sepenuhnya sesuai dengan harapan dan keinginan Bapak–Ibu semua,” ujarnya dalam pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8). “Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai.”

Dalam 10 tahun ia memimpin sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, ia menyadari pribadinya jauh dari kata sempurna. “Sangat mungkin ada yang luput dari pandangan saya. Sangat mungkin ada celah dari langkah-langkah yang saya ambil. Dan, sangat mungkin banyak kealpaan dalam diri saya,” ujarnya.

Meski demikian, ia yakin keberlanjutan akan tetap terjaga, bila seluruh komponen bangsa bersatu dan bekerja sama. “Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045,” katanya, sembari menyatakan penyerahan tongkat estafet kepemimpinan kepada Presiden Indonesia terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Infrastruktur

Pembangunan bandara IKN. (Doc: Kementerian Perhubungan)

Jokowi menguraikan sejumlah pencapaian yang dilakukan Indonesia dalam 10 tahun kepemimpinannya.

“Kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa, membangun dari daerah terluar,” katanya.

Sampai saat ini, Indonesia sudah membangun banyak infrastruktur yang bermanfaat bagi kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia.

Jokowi mengklaim bahwa infrastruktur ini berdampak besar pada turunnya biaya logistik menjadi 14 persen di tahun 2023, dari sebelumnya yang mencapai 24 persen.

Daya saing Indonesia pun terdongkrak dari peringkat 44 dunia menjadi peringkat 27 di tahun 2024.

Pertumbuhan ekonomi juga juga menurutnya mampu terjaga di kisaran 5 persen, walau banyak negara tidak mengalami pertumbuhan atau justru melambat. “Wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku justru mampu tumbuh di atas 6 persen dan Maluku Utara mampu tumbuh di atas 20 persen,” ujarnya.

Inflasi juga terkendali di kisaran 2-3 persen, saat banyak negara mengalami kenaikan yang luar biasa. Angka kemiskinan ekstrem mampu turun menjadi 0,8 persen pada 2024, dari sebelumnya di angka 6,1 persen. Sedangkan, tingkat pengangguran juga bisa ditekan dari sebelumnya 5,7 persen, menjadi 4,8 persen di tahun 2024.

Hilirisasi

Pembangunan proyek hilirisasi batu bara jadi Dimetil Eter (DME) di Muara Enim, Sumatra Selatan, diperkirakan mendatangkan investasi.
Pembangunan proyek hilirisasi batu bara jadi Dimetil Eter (DME) di Muara Enim, Sumatra Selatan, diperkirakan mendatangkan investasi. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.