NEWS

Jokowi: Sensus Pertanian Diperlukan Demi Akurasi Kebijakan Pemerintah

Paling tidak sensus pertanian dilakukan 5 tahunan

Jokowi: Sensus Pertanian Diperlukan Demi Akurasi Kebijakan PemerintahPresiden Jokowi saat mencanangkan Sensus Pertanian 2023, Senin (15/5). (Tangkapan Layar)
15 May 2023

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya sensus pertanian untuk meningkatkan akurasi kebijakan berdasarkan pada ketepatan data yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. 

“Kalau sudah kita putuskan pupuk, katakanlah sembilan juta ton, itu kan dari data keputusannya. Tapi di lapangan banyak petani yang teriak ‘Pak, pupuk nggak ada’. Mungkin suplainya kurang, mungkin distribusinya nggak betul, tapi kalau datanya akurat, itu gampang sekali,” ujar Presiden Jokowi saat mencanangkan pelaksanaan sensus pertanian, Senin (15/5).

Sensus sebelumnya, dilakukan pada 10 tahun yang lalu. Untuk itu, dia meminta pembaruan data harus segera dilakukan. “Menurut saya sudah kelamaan. Sudah berjalan berubah setiap tahun, keputusannya masih pakai data 10 tahun yang lalu. Mestinya ini setiap lima tahun lah,“ katanya.

Sektor strategis

Sektor pertanian dukung perekonomian nasional.
Sektor pertanian dukung perekonomian nasional. (dok.Kementan)

Jokowi mengungkapkan bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat strategis, dan menyumbang 11,8 persen terhadap total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Sektor ini juga dinilai sangat rawan, di tengah situasi krisis global yang terjadi. “345 juta orang di dunia sekarang ini terancam kekurangan pangan dan kelaparan. Karena apa? Perubahan iklim dan perang,” ujarnya.

Sektor pertanian juga menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 40 juta orang atau 29 persen dari total angkatan kerja. “Oleh sebab itu, sektor ini memegang peran yang sangat penting ke depannya, yang sangat strategis,” katanya.

Penting

Pekerja di perkebunan kelapa sawit sedang memanen buah sawit, untuk diproses lebih lanjut dikirim ke pabrik kelapa sawit, Kalimantan Timur, 13 Maret 2019.
Pekerja di perkebunan kelapa sawit sedang memanen buah sawit, untuk diproses lebih lanjut dikirim ke pabrik kelapa sawit, Kalimantan Timur, 13 Maret 2019.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.