NEWS

Kejar Target, Menhub: Bandara IKN Masuk Tahap Kalibrasi

Menhub menilai progres pembangunan Bandara IKN signifikan.

Kejar Target, Menhub: Bandara IKN Masuk Tahap KalibrasiProgres pembangunan Bandara IKN. (dok. Kemenhub)
10 September 2024

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (Bandara IKN) sudah mencapai tahap kalibrasi dan ditargetkan rampung pada akhir 2024.

Menhub mengatakan bahwa penerbangan misi kalibrasi dilakukan pada Selasa (10/9) adalah tindak lanjut verifikasi yang dilakukan 8-9 September 2024. “Kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (10/9).

Kalibrasi adalah tahap awal dari assesment suatu bandara, yang akan dilanjutkan dengan sejumlah assessment lain yang terkait keselamatan dan keamanan penerbangan. Selain itu, kalibrasi juga dilaksanakan terhadap peralatan bantu pendaratan.

Penerbangan validasi prosedur terbang dengan Perfomance Base Navigation (PBN) juga dilakukan bersama proses lainnya, sebelum Kemenhub akhirnya mengeluarkan rekomendasi.

“Dalam misi penerbangan kali ini, digunakan pesawat jenis King Air 350i yang dimiliki Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan,” kata Budi Karya. “Setelah proses kalibrasi selesai,  bandara dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden  pekan ini.”

Progres

Salah satu bangunan di Bandara Nusantara.
Salah satu bangunan di Bandara Nusantara. (dok. Kemenhub)

Menhub mengatakan, progres pembangunan Bandara Nusantara sudah cukup signifikan. Runway yang tersedia sekarang sudah mencapai 1.975 meter dan dalam waktu dekat segera mencapai 2.200x30 meter, sedangkan pembangunan terminal VVIP sudah mencapai lebih dari 90 persen, dan  terminal VIP telah rampung hampir 80 persen.

Jalan akses utama bandara yang menunjang akses dari dan menuju bandara sendiri sudah selesai 100 persen. Sementara, fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut pembangunannya.

"Hingga saat ini pembangunannya berjalan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan, tetapi semua masih on track," kata Budi Karya.

Penentuan status

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (dok. Kemenhub)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.