NEWS

KPU Buka Pendaftaran Capres-Cawapres, Sejumlah Pasangan Mulai Daftar

Pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud sudah daftar.

KPU Buka Pendaftaran Capres-Cawapres, Sejumlah Pasangan Mulai DaftarKetua KPU, Hasyim Asy’ari. (Tangkapan layar)
19 October 2023

Jakarta, FORTUNE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) yang akan ikut kontestasi dalam Pemilihan Umum 2024. Adapun pendaftaran ini akan berakhir pada Rabu, (25/10).

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengatakan bahwa secara administratif, penilaian ditentukan pada kelengkapan dokumen pendaftaran capres-cawapres. “Sekiranya ada yang belum lengkap, masih bisa dilengkapi,” ujarnya saat menerima pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di KPU, Kamis (19/10). “Kemudian akan masuk tahapan verifikasi, yang ukurannya adalah dua, apakah dokumennya benar atau belum, sah atau belum. Sekiranya belum, nanti akan ada kesempatan memperbaiki.”

Selanjutnya, KPU akan memberian surat pengantar kepada pasangan calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas memimpin negara, dan akan dilakukan oleh tim dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Hasyim mengungkapkan, pemilu berpotensi memicu konflik dan kompetisi, namun kesadaran sebagai satu keluarga bangsa Indonesia harus diprioritaskan dan dijaga bersama selama kompetisi berlangsung. “Kami mohon doa, karena kami (KPU) harus kuat menjaga diri, di tengah kompetisi pemilu,” katanya.

Anies-Muhaimin

Pasangan Anies-Muhaimin.
Pasangan Anies-Muhaimin. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar datang sebagai pasangan pertama mendaftarkan diri ke KPU, didampingi Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. “Kami berharap, semoga ke depan, kami bisa mendapatkan bimbingan, memastikan bahwa seluruh ketentuan yang ada dipenuhi,” ujar Anies Baswedan dalam sambutannya saat mendaftar.

Ia dan Muhaimin tak hanya bertekad menghadirkan keadilan, kemakmuran, atau kesejahteraan, namun juga bertekad mengembalikan kewarasan dalam bernegara. Mereka ingin meluruskan segala praktik etika dalam menjalankan roda pemerintahan. Termasuk menegakkan kembali etika berdemokrasi.

“Mari kita jaga, supaya demokrasi kita benar-benar berkualitas, bagi penyelenggara dan seluruh aparat, netralitas menjadi penting. Bagi semua yang terlibat, ikuti semua ketentuan, ikuti semua prinsip etika dan hukum, sehingga proses kompetisi berjalan dengan sehat,” kata Anies.

Sementara, Muhaimin mengatakan semua kelengkapan dan syarat yang dibutuhkan pasangan dengan disingkat AMIN tersebut sudah lengkap dan terpenuhi semua. “Kami hari ini menerima tanda terima kelengkapan, moga-moga semuanya sesuai ketentuan, karena sudah dinyatakan MS (memenuhi syarat),” katanya kepada media.

Ganjar-Mahfud

Pasangan Ganjar-Mahfud.
Pasangan Ganjar-Mahfud. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.