NEWS

Memahami Rumah Lelang Bank, Keuntungan, Serta Tips Membelinya

Bisa jadi alternatif untuk bisa memiliki rumah impian.

Memahami Rumah Lelang Bank, Keuntungan, Serta Tips MembelinyaIlustrasi membeli rumah (unsplash/towfiqu barbhuiya)
28 May 2024

Jakarta, FORTUNE – Ada banyak jalan untuk bisa memiliki rumah impian, mulai dari ikut program tabungan rumah sampai dengan mengikuti sistem Rumah Lelang Bank. Lalu, apa yang dimaksud dengan rumah lelang bank?

Melansir laman BRI, rumah lelang merupakan rumah atau properti yang disita oleh bank dan dijual melalui proses lelang. Hal ini terjadi ketika pemilik sebelumnya gagal dalam membayar hipotek, sehingga bank sebagai pemberi pinjaman mengambil alih properti tersebut untuk diperjualbelikan melalui sistem lelang.

Dengan demikian, rumah lelang bank dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki rumah impian dengan harga yang lebih terjangkau, dibandingkan dengan membelinya di pasar properti konvensional. Namun, ada berbagai informasi lain yang perlu Anda ketahui tentang rumah lelang bank, seperti ulasan dari Fortune Indonesia berikut ini.

Keuntungan

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli rumah melalui sistem lelang di bank:

  1. Harganya lebih terjangkau
    Rumah lelang bank memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan rumah baru yang Anda beli langsung di pasar konvensional. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi para pembeli, apalagi bila ditujukan untuk kebutuhan investasi.
  2. Bangunan berkualitas
    Meski banyak anggapan bahwa rumah lelang bank memiliki kualitas bangunan yang kurang baik, namun rumah lelang sudah melalui proses pemeriksaan dari bank secara seksama. Bahkan, beberapa bank memberikan layanan bagi nasabah untuk bisa memilih rumah lelang pilihan secara mendalam, termasuk soal kualitas bahan, akses, sampai fasilitas dan kelengkapan dokumen.
  3. Peluang investasi
    Tidak hanya mendapatkan properti dengan harga miring, membeli rumah lelang bank juga dapat menjadi peluang investasi properti yang menguntungkan. Dengan harga yang lebih rendah, Anda dapat meraih keuntungan jika Anda mengelolanya dengan baik. Properti adalah salah satu sektor yang bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang.
  4. Proses yang cepat
    Proses pembelian rumah lelang bank seringkali lebih cepat dibandingkan dengan pembelian properti secara konvensional, karena pada dasarnya rumah yang diperjual belikan sudah melalui proses pengecekan yang komprehensif dari pihak bank. Hal ini dapat menghemat waktu dan memberikan Anda keunggulan dalam mendapatkan properti yang diinginkan.

Tips membeli

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah lelang bank, ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan, demi mendapatkan rumah yang terbaik dan paling cocok bagi Anda dari berbagai sudut pandang.

  1. Cari tahu harga pasaran rumah
    Ketahui harga pasaran rumah di sekitar properti Anda, agar Anda dapat membandingkan properti yang Anda minati, termasuk potensi investasi yang terkandung di dalamnya. Hal ini bisa membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal untuk properti dalam proses lelang.
  2. Perhatikan lokasi rumah
    Lokasi adalah salah satu pertimbangan penting dalam memilih rumah lelang bank. Pastikan Anda memilih properti yang terletak di lokasi strategis, seperti dekat dengan fasilitas umum, memiliki akses transportasi yang baik, dan punya potensi apresiasi nilai yang baik di masa depan.
  3. Cek kelengkapan dokumen rumah
    Dokumen adalah bagian penting dari kepemilikan aset properti seperti rumah. Hal ini bisa mencakup sertifikat, surat tanah, dan surat penting lain yang berkaitan dengan kepemilikan Anda pada properti tersebut. Dengan begitu, Anda benar-benar bisa memastikan bahwa properti yang Anda beli ini benar-benar layak dan bisa dimiliki secara aman.
  4. Cek kondisi properti
    Layaknya membeli rumah pada umumnya, sebelum membeli rumah lelang bank, Anda juga harus memperhatikan betul setiap detail dari kondisi rumah itu. Anda perlu mencari tahu tentang kondisi fisik bangunan, potensi perbaikan, dan kemungkinan adanya masalah hukum yang belum tuntas. Semua hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan.
  5. Pilih harga yang sesuai kemampuan
    Tidak ada gunanya bila Anda membeli rumah tanpa memperhitungkan kemampuan membelinya. Ujungnya hanya akan jadi masalah baru dan memberatkan finansial pribadi Anda. Pastikan batas finansial Anda untuk mengikuti lelang. Tentukan anggaran maksimum yang dapat Anda keluarkan dan ingat untuk tidak melebihi batas tersebut, agar tidak terjebak dalam utang yang bisa membawa masalah di kemudian hari.
  6. Pahami syarat dan ketentuan lelang
    Setiap lembaga lelang atau bank, kemungkinan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu memahami setiap perincian yang ada dalam proses lelang. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan menghindari kebingungan selama mengikuti proses lelang. Perhatikan jaminan yang harus disiapkan, kemudian pastikan juga Anda tahu bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang mungkin dikenakan pada transaksi tersebut, selain kewajiban pembayaran pajak dan biaya pemeliharaan rumah tersebut.
  7. Pilih platform lelang terpercaya
    Tips beli lelang rumah bank yang terakhir adalah memilih platform lelang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Dengan demikian, Anda akan melalui proses lelang dengan aman dan memberikan dampak baik bagi niat baik Anda untuk membeli. Anda bisa mengunjungi kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang, tempat di mana informasi lengkap tentang rumah lelang bank tersedia.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.