NEWS

Menperin: Belanja PDN Pemerintah 2024 Baru Capai 41,7% Target

Menperin tetap optimistis target belanja PDN bisa tercapai.

Menperin: Belanja PDN Pemerintah 2024 Baru Capai 41,7% TargetMenteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (dok. Kemenperin)
09 October 2024

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan realisasi belanja Produk Dalam Negeri (PDN) Pemerintah masih minim, atau baru 41,7 persen dari total nilai rencana belanja pengadaan dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) sebesar Rp1.159 tiriliun.

Menteri Agus mengungkapkan, hingga 16 September, Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) baru menyerap Rp483 triliun belanja PDN. “Masih ada waktu untuk mengejar belanja pengadaan PDN untuk tahun ini. Saya yakin hasil tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenperin, Rabu (9/10).

Sepanang tahun lalu, K/L dan Pemda telah membelanjakan Rp440,3 triliun untuk belanja PDN. Angka ini melampaui target belanja PDN minimal Rp400 triliun yang diamanatkan dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2022. Sementara, pada 2023, K/L dan Pemda telah membelanjakan Rp582,5 triliun untuk PDN, dengan kenaikan 32,3 persen dari tahun sebelumnya.

Melihat capaian realisasi belanja PDN pada pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terus meningkat, Agus optimistis sisa anggaran pemerintah tahun ini akan lebih banyak dioptimalkan untuk pembelian produk dalam negeri, terutama yang telah bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Saya berpesan untuk terus mengoptimalkan program P3DN ini. Pakai PDN, wajib TKDN,” katanya.

Peran Timnas P3DN

Ilustrasi: pabrik suku cadang mobil.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.