NEWS

Meski Harga Naik, Mendag Tegaskan Tak Akan Impor Bawang Merah

Petani dinilai masih sanggup penuhi permintaan dalam negeri.

Meski Harga Naik, Mendag Tegaskan Tak Akan Impor Bawang MerahMenurut pedagang, harga bawang merah melonjak dari Rp32.000 per kilogram menjadi Rp60.000 per kilogram yang dipicu sedikitnya pasokan dan persediaan bawang merah lokal. ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.
25 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mengmpor Bawang Merah, meski harganya terus naik hingga menembus Rp80.000 per kilogram.

Menurutnya, para petani dalam negeri masih bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di Indonesia, walaupun harga komoditas ini mengalami naik dan turun. “Tidak ada Impor, tidak boleh. Jadi tidak ada impor bawang merah tidak ada," kata Zulhas–sapaan Zulkifli Hasan–kepada media, Kamis (25/4). “Kalau ada masuk bawang merah dari luar (negeri), kita sikat.”

Pada Kamis (25/4), informasi dari panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), menunjukkan bahwa harga rata-rata nasional untuk bawang merah sebesar Rp53.500 per kilogram. Harga tertinggi terdapat di Papua Tengah mencapai Rp81.620 per kilogram, sementara harga terendah terjadi di Kepulauan Riau yang mencapai hanya Rp35.990 per kilogram.

Penyebab harga naik

Mendag, Zulkifli Hasan.
Mendag, Zulkifli Hasan. (dok. kemendag)

Mendag mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang merah salah satunya disebabkan oleh banjir yang terjadi Brebes, Jawa Tengah–sebagai salah satu sentra penghasil bawang merah.

Kejadian ini, menurut Zulhas, membuat pasokan bawang merah nasional menjadi berkurang. “Banjir kemarin sebentar itu ya insidental (sewaktu-waktu) ya. Untuk minggu depan juga mudah-mudahan sudah turun. Kalau lagi banjir kan ya susah tapi paling seminggu lagi sudah normal,” katanya.

Sebelumnya, Zulhas menyampaikan bahwa kenaikan harga bawang merah terjadi karena kurangnya jumlah pedagang, mengingat masih dalam periode masa Lebaran. Namun, situasi ini akan segera membaik, seiring pendistribusian barang yang akan berjalan normal kembali sebelum masa Lebaran. “Tahu sendiri kan orang libur semua, yang dagang kan kurang,” ujarnya, Rabu (24/4).

Mencari sumber lain

bawang merah
Ilustrasi bawang merah (unsplash/paul magdas)

Related Topics