NEWS

Waspadai El Nino, Jokowi Minta BUMN Gelar Pasar Murah

Selain itu, mengantisipasi munculnya mafia pangan.

Waspadai El Nino, Jokowi Minta BUMN Gelar Pasar MurahANTARA FOTO/Maulana Surya
14 August 2023

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran Kementerian, termasuk BUMN, serta pemerintah daerah untuk menggelar pasar murah guna mengantisipasi ancaman kenaikan harga bahan pokok akibat fenomena El Nino.

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat melakukan kunjungan ke Pasar Murah BUMN, di Tugu Pahlawan, Surabaya. “Pemerintahan hadir mengadakan pasar murah, ketersediaan bahan pokok terjaga. BUMN juga melalui Bulog sudah membagikan beras 10 kilogram kemarin kepada yang kurang mampu. Sekarang dalam acara ini menyalurkan bahan pokok yang lebih murah,” dalam keterangan kepada media, Minggu (13/8).

Erick mengatakan, pasar murah diadakan untuk mewaspadai kekurangan pasokan di sentra produksi yang bisa terjadi akibat musim kering yang diperkirakan akan panjang akibat El Nino yang berpotensi membuat harga-harga kebutuhan pokok meningkat. “Harga beras lagi naik ini, oleh karena itu Bapak Presiden akan mulai menggelontorkan lagi pada September, Oktober, dan November 2023,” katanya.

Harga murah

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Tangkapan layar)

Pada acara pasar murah yang diadakan oleh Pupuk Indonesia dan Pelindo tersebut, Erick mengatakan, masyarakat bisa menukar kupon seharga Rp40 ribu untuk paket sembako yang berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula, dan satu liter minyak goreng yang setara Rp96,5 ribu. Adapun kupon tersebut tersedia hingga 3.000 lembar.

Pasar murah ini, kata Erick, diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pangan. “Ini hanya bagian mencoba memberikan solusi, kami bukan menyelesaikan seluruh masalah,” katanya.

Mafia pangan

Pemerintah berencana mengubah aturan tarif PPN, termasuk untuk bahan pangan dan jasa pendidikan.
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.