NEWS

Nilai Pasar Tembus Rp25 T, Kominfo Ingin RI Jadi Pusat Gim ASEAN

Bakat dipupuk, kreativitas tercipta, dan peluang berlimpah.

Nilai Pasar Tembus Rp25 T, Kominfo Ingin RI Jadi Pusat Gim ASEANPelaku industri gim sedang menjajal produk gim nasional. (dok. AGI)
14 October 2024

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan Indonesia bisa jadi pusat Gim di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), mengingat nilai apsar industri gim Indonesia pada 2023 mencapai US$1,6 miliar atau sekitar Rp24,93 triliun (kurs Rp15.578,17 per US$).

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Hokky Situngkir, menyatakan bahwa dengan jadi pusat gim ASEAN, maka akan ada banyak bakat dan kreativitas tercipta, termasuk peluang muncul. "Industri gim di Indonesia telah mengalami perjalanan yang luar biasa. Dengan lebih dari 150 juta gamer, Indonesia menjadi salah satu pasar gim terbesar di Asia Tenggara,” katanya dalam keterangan di laman resmi Kominfo, yang dikutip Senin (14/10).

Pemerintah  terus merevolusi sektor digital Indonesia sebagai  salah satu penopang industri gim Tanah Air. Dari 221,56 juta penduduk Indonesia, atau 79,5 persen dari populasi Indonesia kini telah terhubung dengan internet. Jumlah ini jauh melampaui rata-rata global yang hanya 67,10 persen.

“Konektivitas ini telah membuka peluang baru bagi para pengembang game untuk menjangkau pasar global, membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi konsumen produk digital, tetapi juga menjadi sumber talenta dan inovasi,” kata Hokky.

Upaya menjaga dan melindungi

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Hokky Situngkir.
Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Hokky Situngkir. (dok. Kominfo)

Dengan besarnya potensi, Hokky mengungkapkan bahwa potensi besar industri gim ju akan terus dijaga dan dilindungi. Menurutnya, gim bukan lagi sekadar cara untuk bersantai, tetapi menjadi pendorong kreativitas, inovasi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan komunitas.

“Kita dapat menciptakan lingkungan digital yang ramah bagi semua orang, terutama anak-anak, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman bermain gim tanpa rasa khawatir,” katanya.

Untuk meningkatkan perlindungan, semua platform gim harus terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), agar tercipta ekosistem digital yang aman dan transparan. Selain itu, kesejahteraan para pelaku industri gim juga akan terjamin agar bisa terus berkembang.

Pentingnya IGDX

IGDX 2024 di Bali, 10-12 Oktober 2024.
IGDX 2024 di Bali, 10-12 Oktober 2024. (dok. Kominfo)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.