NEWS

Kebersihan Toilet Punya Peran Bentuk SDM yang Berkualitas

Edukasi kebersihan toilet bisa bentuk kualitas karakter SDM.

Kebersihan Toilet Punya Peran Bentuk SDM yang BerkualitasIlustrasi toilet bersih. (Pixabay/Alexa)
24 July 2024

Jakarta, FORTUNE – Kesehatan merupakan faktor penting dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di masa depan. Hal ini bisa diwujudkan, salah satunya dengan menciptakan kesadaran akan Kebersihan yang bisa dimulai dari hal terkecil seperti Toilet.

Praktisi kesehatan, dr. Cashtry Meher, mengungkapkan kesadaran untuk mewujudkan toilet bersih secara tak langsung bisa berperan pada pembentukan karakter SDM berkualitas.

“Saya ingin memberikan kontribusi edukasi kepada masyarakat, bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. Dengan harapan dapat memberikan dampak positif terutama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” katanya, Selasa (22/7).

Kebersihan toilet yang berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat, kata Meher, akan selalu jadi aspek penting bagi setiap individu, bahkan berdampak besar pada masyarakat luas. Oleh karena itu, edukasi perlu dilakukan sejak dini, mengingat masih banyak toilet di sekolah-sekolah yang kebersihannya kurang terjaga.

Menurutnya, di sekolah, anak-anak belajar untuk menjaga kebersihan diri dan mencegah timbulnya penyakit. Anak-anak menjadi lebih paham dan waspada terhadap kebersihan, sekaligus juga melatih perilaku anak saat di toilet, bagaimana setelah Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB). "Harus disiram sampai bersih, kemudian dikeringkan dengan tisu. dan yang paling penting setelah itu adalah mencuci tangan,” ujar Meher.

Hubungan kebersihan toilet dan bisnis

Ilustrasi toilet bersih.
Ilustrasi toilet bersih. (Pixabay/ Andy)

Melansir situs Food and Wine, Direktur Strategi dan Pengembangan Perusahaan dari Bradley Corp, Jon Dommisse, mengatakan bahwa mayoritas orang Amerika dalam sebuah survei, memiliki persepsi bahwa sebuah bisnis yang baik dan berkualitas pasti punya toilet yang terawat dengan baik juga.

“Ketika pengunjung mendapati toilet yang kotor dan tak terawat, persepsi mereka terhadap produk dan bisnis tersebut akan ikut menurun," katanya.

Berdasarkan survei yang dilakukan lebih dari 10 tahun, Jon Dommisse mengungkapkan, sebanyak 52 persen orang Amerika ingin menghabiskan banyak uang ke tempat usaha dengan toilet yang terawat. Selain itu, 64 persen responden menjadikan kebersihan toilet sebagai patokan untuk memilih tempat usaha (termasuk restoran) mana yang akan dikunjungi.

Hasil survei juga terungkap kebersihan toilet bisa mempengaruhi penjualan. Sekitar 55 persen responden cenderung tak mau lagi kembali ke restoran bila toiletnya tidak bersih. "Dalam bisnis, sangat masuk akal untuk menjaga toilet tetap bersih dan terlihat modern, sehingga pelanggan akan terus kembali,” ujarnya.

Manfaat kebersihan toilet bagi SDM

Ilustrasi toilet umum.
Ilustrasi toilet umum. (Pixabay/Peter H)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.