NEWS

PLN Targetkan Ubah 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU

Memudahkan PLN dapat lokasi strategis untuk SPKLU.

PLN Targetkan Ubah 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLUIlustrasi SPKLU di tiang listrik PLN. (dok. PLN)
31 May 2024

Jakarta, FORTUNE – PT Perusahaan Listrik negara (PLN) (Persero) menargetkan untuk mengubah 2.000 Tiang Listrik PLN–baik yang berbasis baja atau beton–menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun ini.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengatakan PLN melihat adanya potensi jutaan tiang listrik digunakan untuk memfasilitasi pembangunan SPKLU secara cepat. “Dengan catatan biayanya juga lebih murah,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (31/5).

Menurutnya, tiang-tiang listrik yang sudah tersebar di banyak wilayah akan mempermudah PLN membangun SPKLU di lokasi yang strategis. Misalnya di tempat-tempat umum yang menjadi lokasi parkir kendaraan listrik atau di sekitar apartemen dengan konsentrasi kendaraan listrik yang banyak.

Untuk memastikan program ini bisa berjalan dengan tepat, PLN telah melakukan pemetaan pada daerah-daerah yang punya trafik cukup tinggi dan ada kebutuhan untuk pengisian daya. "Dari lokasi per lokasi kami melakukan analisis, kami bekerja sama juga dengan bagaimana dengan pemerintah daerah seperti apa," katanya.

SPKLU Pole Mounted Charger

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI. (Doc: PLN)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.