NEWS

Profil Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Indonesia Pertama di Olimpiade

Meski cedera, Rifda tetap tampil dengan upaya terbaik.

Profil Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Indonesia Pertama di OlimpiadeRifda Irfanaluthfi, pesenam Indonesia pertama di Olimpiade. (ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A)
29 July 2024

Jakarta, FORTUNE – Ajang olahraga dunia, seperti Olimpiade, selalu memiliki cerita inspiratif perjuangan para atlet-atlet yang bertanding. Salah satunya, Rifda Irfanaluthfi, pesenam pertama asal Indonesia yang berhasil tembus seleksi menuju Olimpiade Paris 2024.

Turun dalam nomor All Around, perjuangan Rifda tak mudah, karena ia harus berlaga sambil menahan sakit akibat cedera di bagian meniskus (tulang rawan pada lutut) dan ACL (robekan ligamen lutut).

“Saya berharap bisa tampil di empat alat, tapi cedera lagi, dari nol lagi, bisa tiga alat lagi cedera lagi, sampai tampil di palang bertingkat saja tadi," katanya seperti dikutip IDN Times, Minggu (28/7).

Rifda mengalami cedera di lutut tiga minggu sebelum keberangkatannya ke Paris, namun kondisinya membaik tiga hari sebelum keberangkatan. Namun, sampai di Paris, tepatnya di sesi latihan kedua ia kembali mengalami cedera. Ketika turun bertanding di nomor All Around, Rifda harus dibantu pelatihnya, Eva Novalina, saat posisi naik dan mendarat di palang bertingkat.

Rifda tetap tampil sebagai pesenam Indonesia yang berhasil masuk ajang Olimpiade 2024, meski dalam kondisi cedera. Situasi kurang baik ini justru mengangkat namanya hingga menjadi perbincangan di Olimpiade 2024. Pada alat palang bertingkat, Rifda bahkan bisa mencatatkan 9,166 poin.

"Apa pun yang terjadi di sini, apa pun yang bisa dilakukannya sekarang, dia telah melakukan sesuatu yang bakal tercatat dalam sejarah," kata komentator pertandingan tersebut, disambut tepuk tangan riuh 20.000 orang penonton.

Menuju Olimpiade Paris 2024

Rifda Irfanaluthfi saat beraksi adi Olimpiade 2024.
Rifda Irfanaluthfi saat beraksi adi Olimpiade 2024. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Perjalanan menuju Olimpiade Paris 2024 bukanlah sebuah kebetulan. Rifda melalui seleksi ketat dan pertandingan demi pertandingan tingkat dunia. Ia mendapatkan tiket lolos ke cabang olahraga senam Olimpiade Paris 2024 setelah tampil di Kejuaraan Senam Dunia 2023 di Antwerp, Belgia.

Rifda turun di nomor All Around putri dan menempati ranking 52, dengan perolehan nilai 49,932. Skor ini terpaut 8,933 poin dari pesenam Amerika Serikat, Simone Billes, yang mendapat medali emas. "Alhamdulillah cita-cita kami, PB Persani, dan juga Rifda berhasil terpenuhi. Gymnastic Indonesia bisa mencatatkan sejarah tampil di Olimpiade," kata Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati.

Pada kejuaraan tersebut, Rifda mendapat tiket lewat jalur kualifikasi tim putri, berdasarkan ranking yang mendekati cut off kualifikasi Olimpiade. Sayangnya, selepas pertandingan tersebut, Rifda mengalami cedera berulang sampai ke Olimpiade.

Perjalanan karir

Rifda Irfanaluthfi, pesenam Indonesia pertama di Olimpiade.
Rifda Irfanaluthfi, pesenam Indonesia pertama di Olimpiade. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.