NEWS

PUPR Jajaki Kerja Sama Dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia

Dukung program utama Pemerintahan baru yang segera bekerja.

PUPR Jajaki Kerja Sama Dengan Bank Investasi Infrastruktur AsiaKementerian PUPR jajaki kerja sama dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia. (dok. PUPR)
24 September 2024

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjajaki Kerja Sama dengan Bank Investasi Infrastruktur Asia (Asian Infrastructure Investment Bank/AIIB) terkait dukungan skema Public Private Partnership (PPP) untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, dan perumahan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa kerja sama ini akan mendukung program utama Pemerintahan baru yang akan berjalan. “Kami telah mengidentifikasi beberapa proyek infrastruktur yang bisa kita diskusikan dan dalami sebagai peluang kerja sama antara AIIB dan Kementerian PUPR untuk periode pemerintahan berikutnya,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (24/9).

Menurutnya, AIIB adalah salah satu mitra pembangunan internasional yang terlibat dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur PUPR terus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia dalam mempercepat program pembangunan infrastruktur pada pemerintah baru dalam 5 tahun ke depan.

Menurut Basuki, kemampuan pendanaan pemerintah yang terbatas dalam pembangunan infrastruktur menjadi alasan diperlukannya terobosan dalam pembiayaan infrastruktur melalui investasi dari berbagai pihak, termasuk AIIB. Perihal ini disampaikannya di sela kunjungan kerja ke The 3rd Asia International Water Week (AIWW) di Beijing, China, pada 22-24 September 2024.

Proyek yang didukung AIIB

Salah satu proyek Kementerian PUPR yang didukung AIIB.
Salah satu proyek Kementerian PUPR yang didukung AIIB. (dok. PUPR)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.