NEWS

Telkom Kucurkan Investasi Rp1,4 T Buat Bangun Data Center Berbasis AI

Pembangunan dilakukan di Batam dan ditargetkan selesai 2025.

Telkom Kucurkan Investasi Rp1,4 T Buat Bangun Data Center Berbasis AIIlustrasi pusat data. (Shutterstock/Gorodenkoff)
14 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui cucu usaha NeutraDC Nxera Batam, memulai pembangunan pusat data (Data Center) berbasis Teknologi AI (Artificial Intelligence) di Batam, dengan investasi Rp1,4 triliun.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, mengatakan adanya data center ini akan membuka peluang baru bagi banyak di industri dalam negeri untuk memanfaatkan teknologi seperti AI. “(Jadi) pusat data yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien kami di dalam dan di luar negeri," katanya dalam acara pemancangan tiang data center, Kamis (13/6).

Menurutnya, data center yang berbasis AI diperlukan untuk memenuhi kriteria dari para pemain GBU (Global Business Unit) sebagai layanan maupun AI sebagai layanan. Oleh karena itu, ia memastikan bahwa data center yang dihadirkan oleh Telkom memiliki fasilitas yang memenuhi kriteria sebagai Automatic Identification and Data Capture (AIDC).

Pembangunan pusat data hasil kerja sama Telkom, Singtel, dan Medco Power Indonesia ini ditargetkan rampung pada kuartal III 2025, dan siap langsung beroperasi. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan proyek ini bisa selesai lebih cepat.

Related Topics