NEWS

Tips Penggunaan Alat Elektronik Agar Menghemat Listrik di Rumah

Penggunaan perangkat elektronik butuh banyak energi listrik.

Tips Penggunaan Alat Elektronik Agar Menghemat Listrik di Rumahilustrasi pendingin ruangan di rumah (pexels.com/Max Vakhtbovych)
06 September 2024

Jakarta, FORTUNE – Cara menggunakan peralatan Elektronik bisa menjadi faktor yang mendukung penghematan Listrik, selain teknologi dan komponen berkualitas di setiap perangkat yang digunakan.

Head of Product Division Midea Electronics Indonesia, Antonius Widjaja, mengatakan penghematan energi menjadi penting karena ketergantungan masyarakat pada perangkat berbasis energi listrik semakin meningkat.

“Penggunaan alat elektronik di rumah–seperti AC, TV, atau kulkas–yang semakin canggih dan berdaya listrik tinggi akan menyebabkan biaya listrik membengkak,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Kamis (6/9).

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengoperasikan perangkat elektronik dengan bijak, agar bisa menghemat penggunaan listrik di rumah.

1. Atur penggunaan lampu

Kebiasaan menyalakan lampu pada siang hari atau saat tidak ada orang di rumah sering kali menjadi salah satu penyebab membengkaknya tagihan listrik. Solusi mudahnya adalah dengan memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari di siang hari. Sebaiknya matikan lampu di ruangan yang tidak digunakan atau ketika Anda tidak berada di rumah.

Selain itu, mengganti lampu konvensional dengan lampu LED bisa menjadi langkah yang bijak. Lampu LED mampu memberikan cahaya yang lebih terang, tahan lama, dan hemat energi hingga 90 persen dibandingkan dengan lampu biasa. Dengan demikian, penggunaan lampu LED dapat menjadi investasi jangka panjang yang efektif dalam menghemat listrik.

2. Matikan dan cabut alat elektronik saat tak digunakan

Salah satu kebiasaan yang sering diabaikan adalah membiarkan alat elektronik tetap dalam keadaan standby atau terhubung ke stop kontak meskipun tidak digunakan. Hal ini dapat menguras penggunaan listrik secara tidak langsung.

Maka, mematikan peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan peralatan dapur saat tidak dipakai, serta mencabut charger ponsel setelah selesai digunakan, dapat memberikan pengaruh signifikan dalam menghemat listrik.

Selalu pastikan bahwa semua perangkat elektronik yang tidak terpakai sudah dimatikan dan dicabut dari sumber listrik. Kebiasaan kecil ini bisa mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu dan menurunkan tagihan listrik bulanan.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.