NEWS

5 Tips Sebelum Membeli Rumah Tua

Pastikan Anda tidak merugi setelah membeli.

5 Tips Sebelum Membeli Rumah TuaIlustrasi rumah tua. (Pixabay/Herbert Aust)
29 May 2024

Jakarta, FORTUNERumah tua memiliki daya tarik sendiri bagi penggemar bangunan bersejarah atau mungkin bagi Anda yang memiliki bujet terbatas membeli rumah. Rumah tua juga biasanya memiliki nilai tambah yang mungkin berbeda dengan bangunan rumah pada umumnya.

Namun, mengelola bangunan tua tentu berbeda dengan bangunan yang relatif baru. Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli rumah tua, karena membutuhkan perlakuan yang khusus. Meski harganya mungkin relatif lebih murah dari rumah baru, namun rumah tua bisa saja jadi berbiaya mahal sampai akhirnya layak ditempati.

Oleh sebab itu, ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memberi rumah tua, misalnya kondisi bangunan yang sudah lama, membuat banyak hal yang harus dipertimbangkan, agar biaya yang Anda keluarkan benar-benar sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah tua.

1. Lakukan survei harga rumah di sekitarnya

Menurut IDN Times, langkah ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui acuan harga pasar. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan harga yang perlu Anda bayarkan, apakah terlalu mahal atau cukup efisien.

Setelah melakukan langkah tersebut, Anda dapat mempersiapkan budget yang sesuai, bahkan bisa memastikan rumah tua itu bisa ditempati dengan nyaman dan aman di kemudian hari.

2. Periksa struktur dan konstruksi bangunan

Anda harus selalu ingat bahwa rumah yang akan Anda beli adalah bangunan tua, yang mungkin memiliki kekurangan dalam hal struktur tau konstruksi. Hal ini penting untuk memastikan keamanan bangunan saat nantinya akan Anda gunakan. Selain itu, dengan mengetahui kondisi bangunan, Anda bisa dapat gambaran berapa besar renovasi yang selanjutnya yang perlu dilakukan.

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari tingkat kelembaban dinding, ketahanan material kayu yang digunakan, sistem air, saluran pembuangan, sampai struktur bangunan yang ada.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.