NEWS

Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Negara

Lebaran dirayakan dengan budaya berbeda di tiap negara.

Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai NegaraIlustrasi Mudik. (Pixabay/PDPics)
09 April 2024

Jakarta, FORTUNE – Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah salah satu tradisi unik yang terjadi di Indonesia, saat menyambut datangnya hari raya Lebaran atau Idul Fitri. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri juga terdapat beberapa tradisi unik untuk merayakan Lebaran.

Idul fitri bagi umat Muslim merupakan momentum perayaan kemenangan, setelah menahan segala hawa nafsu melalui puasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Oleh sebab itu, perayaan kemenangan ini mungkin saja dilakukan berbeda di berbagai negara, dengan keunikan dan latar belakang dan budaya yang beragam.

Mengutip laman Gramedia, berikut sejumlah tradisi unik dalam merayakan Lebaran di berbagai negara.

1. Arab Saudi

Perayaan lebaran di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia, karena masyarakat di sana kerap mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari dan lainnya, untuk merayakan hari kemenangan.

Salah satu kesamaannya dengan Indonesia, setelah sholat Idul Fitri masyarakat Arab Saudi biasanya mengadakan makan bersama keluarga dan mendatangi kerabat dan tetangga untuk bersilaturahmi.

2. Turki

Sebagai negara unik yang dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah dan Eropa, Turki memiliki budaya unik dalam bentuk festival gula, di mana masyarakat akan memberikan coklat, permen, uang koin, atau makanan khas Turki lainnya.

Selain itu, mereka merayakan Idul Fitri dengan menggunakan pakaian khas yang disebut ‘Bayramlik’–diambil dari kata ‘Bayram’ yang merujuk pada sebuat hari raya idul fitri di Turki. Hal unik lainnya, sholat Ied hanya diwajibkan bagi kaum pria saja, sementara kaum perempuan menunggu di rumah.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.