NEWS

Tulang Belakang Sakit Saat Bekerja, Waspadai Beberapa Penyebabnya

Jangan remehkan situasi ini dan segera cek ke dokter.

Tulang Belakang Sakit Saat Bekerja, Waspadai Beberapa PenyebabnyaIlustrasi sakit tulang belakang saat bekerja. (Pixabay/Arpit)
19 July 2024

Jakarta, FORTUNE – Nyeri pada Tulang Belakang biasa dialami siapa saja, termasuk pekerja kantor yang kerap duduk seharian. Hal ini akan sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan Bekerja.

Tulang belakang sakit digambarkan dengan rasa nyeri di punggung bagian bawah atau atas yang menusuk tajam dan bisa menjalar sampai ke kaki. Keluhan ini biasanya terasa memburuk saat berdiri atau berjalan. Beberapa orang bahkan bisa mengalami penurunan rentang gerak dan berkurangnya kemampuan untuk meregangkan punggung.

Jangan remehkan situasi ini dan segera rencanakan untuk berobat atau kontrol ke spesialis tulang. Namun, sebelumnya Anda perlu mengenali dulu beberapa penyebabnya, seperti yang akan Fortune Indonesia ulas dengan melansir dari laman resmi Alodokter.

1. Gaya hidup sehari-hari

Salah satu yang pertama perlu Anda curigai sebagai penyebab tulang belakang sakit adalah kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Sebagai contoh, posisi tubuh membungkuk saat bekerja di meja, merokok, sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi, jarang berolahraga, atau mengangkat barang berat. Pada kasus ini, keluhan tulang belakang sakit biasanya hanya terjadi sementara.

2. Tegang otot atau ligamen

Penyebab berikutnya yang umum terjadi adalah karena otot atau ligamen yang tegang. Ketegangan ini biasanya terjadi akibat melakukan gerakan secara tiba-tiba atau mengangkat beban berat berulang-ulang maupun dengan posisi yang salah.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, misalnya bekerja hampir sepanjang hari atau berolahraga, juga bisa menyebabkan tulang belakang pegal dan kaku.

Pada orang dengan kondisi fisik yang lemah, ketegangan otot yang terjadi terus-menerus pada tulang belakang dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang otot.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.