NEWS

Cara Kuliah di Luar Negeri, Bebas Biaya Pendidikan!

Solusi tempuh pendidikan tinggi

Cara Kuliah di Luar Negeri, Bebas Biaya Pendidikan!ilustrasi berkuliah (unsplash/kenny eliason)
15 July 2024

Bisa berKuliah di luar negeri merupakan impian banyak pelajar Indonesia. Tidak hanya bisa melanjutkan studi di kampus terbaik, Anda juga bisa membuka jalan berkarier di sana. Bahkan, memperluas jejaring dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Namun, tidak sedikit pelajar Indonesia yang mengurungkan niatnya berkuliah di luar negeri karena terkendala biaya. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk bisa berkuliah di luar negeri tentu tidak sedikit.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara kuliah di luar negeri tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan.

1. Beasiswa pemerintah

Cara kuliah di luar negeri yang pertama adalah mengajukan Beasiswa. Cara satu ini banyak dipakai oleh pelajar Indonesia untuk bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Salah satu program beasiswa yang banyak diajukan adalah beasiswa dari pemerintah.

Untuk mendukung pelajar Indonesia meraih impiannya, pemerintah seringkali menawarkan sejumlah program beasiswa ke luar negeri. Salah satunya yang cukup populer adalah beasiswa LPDP.

Program beasiswa tersebut memungkinkan pelajar asal Indonesia untuk berkuliah di luar negeri tanpa terkendala biaya. Terlebih bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3, LPDP jadi andalan.

Selain bantuan biaya pendidikan, beasiswa ini juga menanggung biaya hidup hingga transportasi ke luar negeri.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, calon penerima beasiswa wajib memenuhi persyaratan dan lolos setiap seleksi.

2. Beasiswa dari perguruan tinggi

Selain beasiswa dari pemerintah, Anda juga bisa mengandalkan program beasiswa yang ditawarkan perguruan tinggi. Beberapa di antaranya menawarkan beasiswa bagi pelajar asing yang ingin menempuh pendidikan di universitas terkait.

Bahkan, terdapat perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa fully funded untuk pelajar asing. Artinya, seluruh dana pendidikan akan ditanggung oleh universitas terkait. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah di sana. Setidaknya Anda hanya perlu mempersiapkan biaya tempat tinggal dan hidup di sana.

Namun, setiap perguruan tinggi memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk calon penerima beasiswanya. Maka dari itu, penting untuk memahami persyaratan tersebut di perguruan tinggi incaran Anda.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.