NEWS

8 Fakta Menarik Vatikan: Menjadi Negara Terkecil di Dunia

Jadi pusat Gereja Katolik Roma

8 Fakta Menarik Vatikan: Menjadi Negara Terkecil di Duniailustrasi vatikan (unsplash/caleb miller)
04 September 2024

Vatikan adalah salah satu negara yang berada di Benua Eropa. Selain memiliki pemandangan kota yang indah, Vatikan ternyata dinobatkan sebagai negara terkecil di dunia.

Negara ini juga menjadi tempat tinggal Paus Fransiskus. Seperti yang diketahui, Paus Fransiskus sedang melakukan perjalanan apostolik di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Momen kedatangan ini juga menjadi kali ketiga kepala negara Vatikan sekaligus pemimpin Gereja Katolik datang ke Indonesia. 

Penasaran dengan tempat tinggal Paus Fransiskus ini? Berikut beberapa fakta menarik Vatikan yang bisa menambah wawasan Anda.

1. Negara terkecil di dunia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Tidak seperti negara lainnya yang memiliki wilayah yang luas, Vatikan hanya memiliki luas sekitar 44 hektare.

Bahkan, pengunjung yang mendatangi kota Vatikan hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk bisa berkeliling kota.

Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, jumlah populasinya ada kurang lebih 800 orang. Dari segi penduduk dan luas wilayahnya ini, negara Vatikan menjadi negara paling kecil sedunia.

2. Pusat Gereja Katolik yang dipimpin Sri Paus

Seperti negara lainnya, negara Vatikan termasuk negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama dari kalangan umat Katolik. Pasalnya, Vatikan merupakan pusat spiritual Gereja Katolik Roma. 

Vatikan juga menjadi kediaman bagi Sri Paus semenjak abad ke-14. Tidak hanya sebagai pemimpin umat Katolik tertinggi, Paus juga berperan sebagai kepala negara Vatikan.

Paus Fransiskus yang kini menjadi Sri Paus memiliki kekuasaan yang absolut di negara tersebut. 

Vatikan juga menjadi satu-satunya negara di dunia dengan bentuk pemerintahan teokrasi absolut dan termasuk fakta menarik Vatikan yang hanya bisa ditemui di sana.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.