NEWS

Sambut Hari Pasar Modal Indonesia, Simak Sejarahnya

Peringati sejarah pasar modal Indonesia

Sambut Hari Pasar Modal Indonesia, Simak SejarahnyaIlustrasi bursa efek indonesia (wikimedia commons/Bursa Efek Indonesia)
03 June 2024

Hari Pasar Modal Indonesia ternyata diperingati setiap tanggal 3 Juni setiap tahunnya. Tanggal 3 Juni dipilih sesuai dengan tanggal peresmian kembali pasar modal di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Sejak saat itu, setiap tanggal 3 Juni rutin digelar perayaan untuk memperingati sejarah tersebut.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai Hari Pasar Modal Indonesia, simak penjelasan sejarah Bursa Efek Indonesia sebagai cikal bakalnya berikut ini.

Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, peringatan Hari pasar modal Indonesia dirayakan sesuai tanggal peresmian pasar modal pada tahun 1977. Setelah kemerdekaan Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali dibuka untuk pertama kalinya oleh Presiden Soekarno.

Peresmian tersebut juga tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) di tahun 1976. Selain itu, berdasarkan Keppres Nomor 52 Tahun 1976 tentang Pasar Modal, dibentuk pula Badan Pembina Pasar Modal dan Badan Pelaksanaan Pasar Modal (BAPEPAM).

Maka dari itu, tanggal 3 Juni diperingati sebagai perayaan untuk mengingat kembali tanggal diresmikannya Pasar Modal Indonesia.

Sejarah pasar modal di Indonesia

Hari pasar modal Indonesia dijadikan momen untuk kembali mengingat sejarah terbentuknya pasar modal di Indonesia.

Dilansir laman resmi Bursa Efek Indonesia, pasar modal di Indonesia ternyata sudah lama hadir sebelum kemerdekaan. 

Secara historis, pasar modal sudah hadir sejak zaman kolonial Belanda di tahun 1912 di Batavia yang sekarang dikenal sebagai Jakarta.

Kala itu, pasar modal dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan perdagangan pemerintah kolonial.

Dalam perkembangannya, pasar modal di Indonesia ternyata mengalami kendala, sehingga tidak berjalan seperti yang diharapkan. Bahkan, pasar modal sempat mengalami kevakuman pada beberapa periode. 

Kemunduran tersebut juga dipengaruhi oleh situasi perang dunia, perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial ke pemerintah Republik Indonesia, dan berbagai kondisi lainnya.

Faktor penyebab tersebut membuat kegiatan bursa efek tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya. Dengan begitu, kegiatan pasar modal dihentikan.

Namun, pasar modal di Indonesia kembali diaktifkan kembali pada tahun 1977. Seiring berjalannya waktu, Bursa Efek Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan.

Kehadirannya juga berperan penting dalam perekonomian Indonesia dengan berbagai insentif dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.