NEWS

7 Makanan yang Banyak Mengandung Mikroplastik, Hati-Hati!

Ditemui dalam makanan sehari-hari

7 Makanan yang Banyak Mengandung Mikroplastik, Hati-Hati!ilustrasi mikroplastik (unsplash/flyd)
15 October 2024

Selain pola hidup, Makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Pasalnya, sejumlah makanan ditemukan mengandung Mikroplastik yang berbahaya.

Mikroplastik merupakan sejenis partikel yang sangat kecil yang bisa berdampak bagi kesehatan secara signifikan. 

Berdasarkan hasil penelitian Environmental Research pada Februari 2024, terdapat makanan yang banyak mengandung mikroplastik. Beberapa di antaranya juga termasuk bahan makanan sehari-hari.

Penasaran bahan makanan apa saja yang terpapar mikroplastik? Simak daftar makanannya di bawah ini penting untuk diketahui.

1. Daging ayam, sapi, dan babi

Untuk bisa beraktivitas, manusia perlu mengkonsumsi protein agar memperoleh tenaga. Namun, protein hewani dinyatakan positif mengandung mikroplastik yang berbahaya.

Terlebih pada bahan makanan, seperti dada ayam, sapi, dan babi. Olahan makanan yang sudah siap saji, seperti nugget juga diketahui mengandung partikel tersebut.

Bahan yang telah terkontaminasi diketahui berasal dari talenan plastik yang berbahan dasar polietilen untuk memotong makanan. Mencuci bahan tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan kontaminasi mikroplastik. 

Dalam studi terbaru, para peneliti juga memperkirakan rata-rata orang dewasa Amerika setidaknya telah terpapar 11 ribu hingga 29 ribu partikel tersebut per tahunnya.

2. Garam

Garam juga termasuk bahan makanan yang banyak mengandung mikroplastik dalam studi yang dilakukan pada tahun 2023. Tergolong sebagai bumbu masakan, garam biasanya digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa garam merah Himalaya dari hasil tambang dalam tanah mengandung mikroplastik. Selain itu, kandungan mikroplastik ditemukan pada garam hitam dan garam laut.

Komponen tersebut paling banyak ditemukan dalam garam hitam dan Himalaya. Untuk meminimalisir dampaknya, asupan garam harus dalam batas yang wajar, yaitu 5 gram per hari untuk orang dewasa.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.