NEWS

10 Negara Produsen Tembaga Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Jumlah produksi tembaga terbesar

10 Negara Produsen Tembaga Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?ilustrasi lokasi penambangan (unsplash/shane McLendon)
26 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tembaga adalah salah satu jenis logam yang banyak diproduksi dari tambang di seluruh dunia. Pasalnya, tambang banyak dimanfaatkan manusia dalam dalam perindustrian.

Tembaga bisa digunakan sebagai komponen dalam kabel, konstruksi bangunan, dan mesin. Tidak heran, tembaga jadi logam yang cukup populer diproduksi di berbagai negara.

Dilansir data Survei Geologi Amerika Serikat, terdapat beberapa negara produsen tembaga terbesar yang menyumbang produksi tembaga global terbanyak di tahun 2023.

Kira-kira, siapa saja negara yang memiliki jumlah produksi tembaga terbesar di dunia? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Chili

Berdasarkan data terbaru Survei Geologi AS, produksi tembaga global berhasil mencapai angka 22 juta ton pada tahun 2023. Negara produsen tembaga terbesar berasal dari Chili.

Negara bagian Amerika Selatan ini berhasil memproduksi sebanyak 5 juta ton tembaga di tahun 2023. Chili memang dikenal sebagai produsen terbesar dan berperan penting dalam pasar tembaga dunia.

Hal tersebut dikarenakan Chili memiliki sumber daya mineral yang melimpah dan didukung oleh infrastruktur pertambangan yang kuat. Gunung Atacama menjadi tembang tembaga terbesar di Chili, termasuk Escondida. 

Produksi tembaga di Chili diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2025 dengan angka produksi sekitar 6 juta ton. Hal tersebut didukung dengan peningkatan tambang-tambang baru.

2. Peru

Masih di Amerika Selatan, Peru berhasil menempati posisi kedua setelah Chili. Di tahun 2023, Peru berhasil mencatatkan total produksi tembaga sebesar 2,6 juta ton.

Angka tersebut memperlihatkan kenaikan jumlah produksi sekitar 150 ribu ton dari tahun 2022. Tingkat produksi yang fantastis ini menekankan bahwa Peru juga memegang peranan penting dalam pasar tembaga dunia.

Keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari potensi sumber daya mineral dan teknologi pertambangan canggih yang dimiliki Pero. Beberapa tambang tembaga terbesar di Peru, yaitu Cerro Verde, Antamina, dan Las Bambas.

Related Topics