NEWS

7 Tips Beli Tanah Kavling agar Lebih Menguntungkan dan Aman

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan

7 Tips Beli Tanah Kavling agar Lebih Menguntungkan dan Amanilustrasi tanah kavling (unsplash/point3d commercial imaging ltd)
05 July 2024

Properti menjadi salah satu investasi yang memiliki prospek yang menguntungkan. Tidak heran, ada cukup investor yang mencari sebidang Tanah, baik untuk investasi atau dimanfaatkan untuk membuat hunian impian.

Salah satu pilihan properti yang bisa dipilih adalah tanah kavling. Biasanya, tanah yang ditawarkan sudah dipetak-petak dalam ukuran tertentu. Dengan begitu, Anda cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Agar pembelian properti lebih menguntungkan dan aman, berikut beberapa tips beli tanah kavling yang bisa diperhatikan sebelum membeli jenis properti tersebut.

1. Riset tanah kavling yang ingin dibeli

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum membeli tanah kavling adalah melakukan riset. Anda bisa mendata beberapa tanah kavling yang cocok dan sesuai dengan keinginan. 

Agar lebih mudah dipahami, buatkan dalam bentuk list dan poin-poin yang pentingnya, mulai dari lokasi, harga, dan lain sebagainya. 

Lewat catatan yang dibuat, Anda bisa mengkategorikan beberapa properti menjadi lebih mudah. Tips beli tanah kavling satu ini juga membantu Anda menentukan tanah kavling mana saja yang potensial untuk diinvestasikan atau dibeli.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan keputusan pembelian lewat informasi yang sudah terangkum sedemikian rupa tersebut.

2. Cek kelengkapan dan keaslian dokumen

Sebelum membeli sebidang tanah, penting untuk memastikan kelengkapan dokumennya atau legalitasnya. Dokumen tersebut mencakup sertifikat Hak Milik (SHM) atau sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB).

Jangan ragu untuk menanyakan jenis sertifikat yang dimiliki oleh tanah kavling tersebut pada penjualnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan pada dokumen terkait ke kantor BPN setempat atau lewat online.

Pastikan juga bahwa sertifikat tanah tersebut sesuai dengan kartu identitas milik penjual sehingga memastikan tanah kavling tersebut tidak fiktif.

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap investor atau Anda yang hendak membeli suatu properti. Tujuannya membantu Anda menghindari masalah sengketa lahan yang merugikan di masa mendatang.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.