NEWS

PLN Target Rasio Elektrifikasi Nasional Capai 100 Persen pada 2025

PLN terus berkomitmen untuk menerangi Indonesia

PLN Target Rasio Elektrifikasi Nasional Capai 100 Persen pada 2025Ilustrasi pekerja PLN yang mengerahkan segenap tenaganya demi menerangi negeri. (Dok. PLN)
26 October 2023

Jakarta, FORTUNE -- Menyongsong Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 yang jatuh pada 27 Oktober 2023, PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk terus menerangi negeri. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan dengan upaya terbaik PLN dan sinergi dengan pemerintah sampai dengan triwulan III tahun 2023 rasio elektrifikasi nasional mencapai 99,74 persen. 

”Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi mandat di bidang kelistrikan, PLN sangat menyadari listrik telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, kami terus melebarkan sayap mengalirkan listrik andal dan menghadirkan keadilan energi sesuai sila kelima Pancasila,” ujar Darmawan.

1. PLN bersama pemerintah berkomitmen mengejar rasio elektrifikasi nasional sebesar 100 persen pada 2025

Ilustrasi pekerja PLN dalam menghadirkan listrik di wilayah 3T. (Dok. PLN)
Ilustrasi pekerja PLN dalam menghadirkan listrik di wilayah 3T. (Dok. PLN)

Darmawan menegaskan, bersama dengan pemerintah PLN akan semakin trengginas untuk mencapai target rasio elektrifikasi nasional sebesar 100 persen pada tahun 2025. Upaya pemenuhan ini masif dilakukan oleh PLN sejak 2019 yang semula jumlah pelanggan rumah tangga hanya 69,62 juta, tumbuh menjadi 80,56 juta pada triwulan III tahun 2023 atau meningkat sebesar 15,72 persen. 

Darmawan memastikan, saat ini seluruh kepulauan besar dan pusat pemerintah daerah sudah dialiri listrik yang andal. Bahkan, mampu menjadi fondasi utama pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, untuk bisa mencapai target 100 persen pada 2025, PLN mempunyai pekerjaan rumah dengan memberikan akses listrik ke wilayah pelosok dan desa desa terpencil.

2.  Masih ada 140 desa di Indonesia bagian timur yang belum terjamah listrik

Ilustrasi pekerja PLN menghadirkan listrik di wilayah 3T. (Dok. PLN)
Ilustrasi pekerja PLN menghadirkan listrik di wilayah 3T. (Dok. PLN)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.