NEWS

5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Hingga Berhasil

Ada beragam penyebab atas pengisian token yang gagal terus.

5 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Hingga BerhasilIlustrasi warga mengisi token pada meteran listrik. (Doc: PLN)
26 May 2023

Jakarta, FORTUNE – Token listrik yang gagal terus adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna sistem prabayar. Ketika token listrik gagal, pengguna menghadapi ketidaknyamanan dan ketidakpastian mengenai pasokan energi di rumahnya.

Penyebabnya sangat beragam, mulai dari meteran listrik rusak, server PLN error, salah mengisi ID token, dan lainnya.

Selain itu, meteran listrik yang kelebihan batas juga bisa menjadi penyebabnya. Saat pengguna membatasi penggunaannya pada 1.000 kwh, misalnya, maka ia tidak bisa mengisi token listrik lebih dari nominal tersebut.

Meteran listrik akan otomatis memblokir pengisian token dan membuatnya menjadi gagal. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, pengguna dapat menentukan langkah yang tepat untuk menyelesaikannya. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini dan memastikan ketersediaan listrik yang stabil. Agar tidak keliru, berikut panduan cara mengatasi token listrik gagal terus:

Cek kembali kode token yang sudah dibeli

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kembali kode token. Sering kali masalah token listrik gagal terus disebabkan oleh kesalahan input. Untuk itu, sebelum menekan tombol “Enter” pada MPB, lakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Cara ini juga ampuh untuk menghindari risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut. 

Cek jaringan server PLN

Kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga dapat menyebabkan gagalnya pengisian token listrik. Gangguan ini bisa disebabkan koneksi tidak stabil atau pemeliharaan sistem oleh PLN. Saat terjadi gangguan, pelanggan hanya bisa menunggu hingga jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan.

Sebelum melakukan pengisian token listrik, terlebih dahulu pastikan jaringan server PLN dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan. Biasanya, jika server mengalami gangguan atau terjadi pemeliharaan sistem, PLN akan memberikan pemberitahuan.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.