NEWS

8 Buah Tangan Jokowi Usai Pertemuan dengan Presiden MBZ di Abu Dhabi

PEA jadi mitra negara penting Indonesia di Timur Tengah.

8 Buah Tangan Jokowi Usai Pertemuan dengan Presiden MBZ di Abu DhabiPresiden Joko Widodo bersama jajarannya mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, pada Rabu (17/7). (Dok. BPMI Setpres).
18 July 2024

Fortune Recap

  • Presiden Jokowi selesai kunjungan ke PEA
  • Bertemu Presiden PEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan
  • Delapan kesepakatan kerja sama strategis dihasilkan
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke Persatuan Emirat Arab (PEA) pada 16-17 Juli 2024 dengan disambut upacara kenegaraan yang meriah di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu (17/7). Di sana, dia bertemu dengan Presiden PEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, menyatakan pertemuan tersebut menghasilkan delapan kesepakatan kerja sama yang strategis untuk Indonesia dan PEA.

“PEA merupakan mitra penting Indonesia di Timur Tengah. Dalam 10 tahun terakhir hubungan kedua negara berkembang dengan cepat,” ujar Retno dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/7).

Perdagangan antara Indonesia dan PEA mengalami peningkatan cukup signifikan. Angka perdagangan pada 2015 hingga 2023 meningkat 52 persen, dengan capaian pada tahun lalu US$3,282 miliar.

Selain mengalami peningkatan angka perdagangan Bilateral, posisi Indonesia dalam perdagangan tersebut juga bergerak dari defisit menjadi surplus.

Pada 2023, Indonesia mencatatkan surplus US$0,29 miliar.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.