NEWS

Air Baku Sudah Mengalir di IKN dan Bisa Langsung Diminum

Dapat dimanfaatkan dalam beberapa hari ke depan.

Air Baku Sudah Mengalir di IKN dan Bisa Langsung DiminumProsesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Senin (14/3). (tangkapan layar YouTube Setpres)
24 July 2024

Fortune Recap

  • Kementerian PUPR menyelesaikan fasilitas pengolahan air minum di IKN, Kalimantan Timur
  • Air baku sudah mengalir ke IKN dan siap diminum langsung, sesuai pernyataan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
  • Tes pengaliran air dari IPA Sepaku ke reservoir induk IKN Nusantara dilakukan untuk memastikan kualitas air minum memenuhi standar kesehatan
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berhasil menyelesaikan fasilitas pengolahan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dengan demikian, air baku kini sudah mengalir ke IKN dan siap untuk langsung diminum.

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, mengungkap informasi ini saat meninjau langsung fasilitas tersebut.

"Air yang tersedia ini adalah air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN dapat langsung diminum. Kami terus memantau kualitas air sebelum masuk ke reservoir. Harapannya, air minum ini dapat segera dimanfaatkan dalam beberapa hari ke depan," kata Basuki dalam keterangan resminya yang dikutip Rabu (24/7).

Dalam kunjungan tersebut, Basuki ditemani oleh Wamen ATR/BPN selaku Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni. Mereka mengikuti langsung tes pengaliran air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku ke reservoir induk IKN Nusantara di titik tertinggi.

Tes pengaliran ini berlangsung dari Sabtu (20/7) hingga Senin dini hari (22/7) dan merupakan bagian penting dari pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk memenuhi kebutuhan air minum di IKN.

Setelah tes pengaliran ini berhasil, Basuki menambahkan sistem dan jaringan air akan dikuras dan kualitas air dalam jaringan perpipaan akan dipantau ketat untuk memastikan air minum yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan.

Diharapkan, pada akhir Juli ini SPAM Sepaku bisa beroperasi penuh melayani berbagai fasilitas di IKN.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.