NEWS

Akun Google Bisnis Beberapa Hotel Diretas, Begini Modusnya

PHRI segera melaporkan kejadian ini kepada Polri.

Akun Google Bisnis Beberapa Hotel Diretas, Begini ModusnyaThe Tavia Heritage Hotel Jakarta
13 August 2024

Fortune Recap

  • Pemalsuan dokumen elektronik terhadap akun Google Business pengusaha perhotelan di Indonesia.
  • Peretasan dilakukan dengan mengganti nomor telpon, nomor rekening bank, dan informasi reservasi kamar.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan telah terjadi pemalsuan dokumen elektronik secara nasional terhadap akun Google Business pengusaha perhotelan yang tersebar di Indonesia. 

Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani, mengatakan peristiwa ini terjadi sejak Minggu (11/8).

Dia mengatakan para pelaku itu melakukan pemalsuan data hotel, sehingga para konsumen melakukan transaksi bukan kepada pihak hotel, melainkan kepada pelaku penipuan.

“Peretasan pada akun bisnis Goolge dilakukan dengan mengganti nomor telpon dengan nomor WhatsApp (WA) dan termasuk mengganti nomor rekening bank serta informasi lainnya yang menyangkut reservasi kamar,” kata dia dalam keterangannya, Senin (12/8).

Hariyadi mengatakan peretasan terjadi di hotel-hotel yang terdapat di berbagai wilayah Indonesia, seperti Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan lain sebagainya.

Atas kejadian tersebut, PHRI belum bisa mengungkapkan total kerugian yang dialami anggotanya akibat kejadian ini mengingat proses pembayaran oleh konsumen langsung masuk ke rekening pelaku penipuan.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.