NEWS

IHA Gandeng Konsultan Prancis Tingkatkan Kompetensi Manajemen Museum

Cara ini untuk meningkatkan kompetensi profesional museum.

IHA Gandeng Konsultan Prancis Tingkatkan Kompetensi Manajemen MuseumKetua Tim Cagar Budaya IHA Prabawa Dwi Putranto saat bincang dengan media di Jakarta, Senin (7/1). (Eko Wahyudi/ Fortune Indonesia)
01 July 2024

Fortune Recap

  • Indonesian Heritage Agency (IHA) bekerja sama dengan France Muséums Développement (FMD) untuk meningkatkan kompetensi profesional museum di Indonesia.
  • Ketua Tim Cagar Budaya IHA, Prabawa Dwi Putranto, percaya bahwa kolaborasi internasional akan membawa standar nasional ke standar internasional dalam manajemen koleksi dan kuratorial.
  • Lokakarya ini menekankan reimajinasi museum di Indonesia dan penerapan wawasan terbaik internasional dalam manajemen koleksi serta penyegaran sistem kelembagaan melalui peningkatan profesionalisme individu.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, Fortune - Indonesian Heritage Agency (IHA) menyelenggarakan lokakarya manajemen koleksi dan kuratorial bekerjasma dengan France Muséums Développement (FMD), konsultan Museum internasional, didukung Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Ketua Tim Cagar Budaya IHA, Prabawa Dwi Putranto, mengatakan kolaborasi ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan kompetensi profesional museum, terutama di bidang manajemen koleksi dan kuratorial. Menurutnya, melalui kerja sama dengan museum atau instansi terkait dari luar negeri, kompetensi pengelola museum di Indonesia bisa ditingkatkan dari standar nasional ke standar internasional.

"Itu yang kami lihat sebagai peta jalan, bagaimana kami didukung dengan pelatihan dan kerja sama internasional ini untuk meningkatkan kompetensinya dengan pengakuan dari nasional dan akhirnya internasional," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (1/7).

Lokakarya ini menekankan pentingnya reimajinasi museum di Indonesia. IHA berupaya menghadirkan pengalaman yang lebih inovatif dan relevan bagi pengunjung. Sejalan dengan misi dan komitmen IHA, kolaborasi bersama FMD akan membawa wawasan dan praktik terbaik internasional ke dalam manajemen dan kuratorial koleksi di Indonesia.

Pilar ketiga dari konsep reimajinasi yang diusung oleh IHA disebut dengan reinvigorating atau penyegaran kembali sistem kelembagaan melalui peningkatan profesionalisme dan kompetensi individu.

Dengan partisipasi aktif para ahli dari berbagai unit museum di bawah naungan IHA, lembaga ini memastikan bahwa setiap aspek pengelolaan museum beroperasi sesuai dengan standar terbaik, menjamin kualitas dan integritas yang optimal.

Related Topics