NEWS

India Berencana Longgarkan Ekspor Beras

Saat ini ekspor komoditas tersebut masih dibatasi.

India Berencana Longgarkan Ekspor BerasTaj Mahal, india. (Pixabay/Dave Parkinson)
09 July 2024

Fortune Recap

  • India diprediksi mengalami musim panen berlimpah pada Oktober mendatang.
  • Pemerintah India mempertimbangkan kelonggaran kebijakan ekspor beras, termasuk pengiriman beras putih dengan bea masuk tetap.
  • Langkah ini diharapkan dapat menurunkan harga acuan beras Asia dan memberikan dampak positif bagi negara-negara di Afrika Barat dan Timur Tengah.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - India diprediksi akan mengalami musim panen berlimpah pada Oktober mendatang. Untuk itu, salah satu negara eksportir beras terbesar di dunia itu saat ini disebut tengah mempertimbangkan kelonggaran kebijakannya sendiri.

Laman The Economic Times, Selasa (9/7), melansir sumber yang identitasnya tak ingin diungkapkan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan pengiriman beras putih dengan bea masuk tetap.

Otoritas berwenang juga mungkin membatalkan pajak 20 persen atas Ekspor Beras setengah matang dan mengenakan pungutan tetap sebagai gantinya untuk mencegah penagihan kargo yang kurang dari semestinya.

Langkah semacam itu dapat membantu menurunkan harga acuan beras Asia, yang mencapai harga tertinggi dalam lebih dari 15 tahun pada Januari lalu, sebagai dampak dari langkah India membatasi ekspor beras pada 2023.

Wacana pelonggaran ekspor ini menjadi kabar baik bagi beberapa negara di Afrika Barat dan Timur Tengah yang bergantung pada negara Asia Selatan tersebut untuk sebagian besar kebutuhan makanan pokoknya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.