NEWS

Ingin Kebut IKN, Jokowi Beri Sederet Insentif Bagi Pelaku Properti

Aturan tersebut telah diteken Jokowi pada 12 Agustus 2024.

Ingin Kebut IKN, Jokowi Beri Sederet Insentif Bagi Pelaku PropertiIstana negara di IKN. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
15 August 2024

Fortune Recap

  • Presiden Jokowi menerbitkan aturan insentif bagi pengembang hunian berimbang di IKN Nusantara.
  • Aturan meliputi bantuan pembangunan perumahan, keringanan pajak, dan dukungan aksesibilitas ke lokasi perumahan.
  • Pelaku usaha dapat memperoleh insentif berupa prasarana, pembebasan BPHTB, keringanan PBB, dan penghargaan bidang perumahan.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan aturan terbaru yang mengatur pemberian insentif bagi para pengembang yang merealisasikan kewajiban pengadaan hunian berimbang di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2024 tentang tentang perubahan atas PP Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di IKN.

Aturan tersebut telah diteken Jokowi pada 12 Agustus 2024.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa pemberian perizinan berusaha, kemudahan berusaha, dan fasilitas penanaman modal di IKN ditujukan untuk mendorong percepatan pembangunan IKN sebagai superhub perekonomian dengan kegiatan investasi yang berasal dari swasta baik dari dalam maupun luar negeri.

Ada delapan insentif yang ditawarkan bagi pelaku usaha Properti yang akan membangun perumahan di IKN.

Penjelasan insentif dan manfaatnya ini tertuang pada pasal 25 ayat 7, yang memungkinkan mereka dapat menerima bantuan dalam program pembangunan perumahan. Selain itu, mereka juga mendapat keringanan pajak untuk rumah sederhana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, pelaku usaha juga bisa mendapatkan bantuan berupa prasarana, sarana, dan utilitas umum yang diperlukan. Kemudian, mereka juga mendapat kemudahan dalam memperoleh lahan untuk pembangunan perumahan, dan pengembangannya juga diberikan sebagai bagian dari insentif.

Untuk mendukung aksesibilitas, ada dukungan khusus ke lokasi perumahan dengan hunian berimbang yang berada di kawasan IKN. Insentif lainnya termasuk pembebasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serta keringanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk jangka waktu tertentu.

Terakhir, pelaku usaha juga berkesempatan menerima penghargaan dalam bidang perumahan, khususnya untuk hunian berimbang.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.