NEWS

Iran Barter Minyak Mentah dengan Cina untuk Bangun Bandara Terbesar

Pembangunan tahap II ditaksir menelan dana US$2,7 miliar.

Iran Barter Minyak Mentah dengan Cina untuk Bangun Bandara TerbesarBandar Udara Internasional Imam Khomeini Teheran. Pemandangan malam dari pintu masuk ruang keberangkatan. (Dok. 123RF)
30 August 2023

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan Cina ditunjuk untuk mengembangkan Bandara Internasional Imam Khomeini (IKA), yang merupakan bandar udara internasional terbesar di Iran. Dalam kesepakatan bisnis nantinya, Teheran akan diizinkan menukarkan minyak mentahnya dengan sumber daya keuangan, peralatan, dan layanan teknis untuk pembangunan bandara.

CEO Bandara Internasional Imam Khomeini (IKA), Saeid Chalandari, mengatakan dalam pembangunan tahap kedua ini pembangunan ditaksir bakal menelan dana US$2,7 miliar atau lebih dari Rp41 triliun.

Seleksi dilakukan setelah terjadi negosiasi intensif dengan beberapa kontraktor domestik dan internasional, kata Chalandari, dan perusahaan Cina yang tidak disebutkan namanya itu mengalahkan penawar lainnya. 

“Operasi eksekutif terminal baru dalam operasi pengembangan bandara tahap kedua kemungkinan akan dimulai hingga akhir September,” kata pejabat itu seperti dilansir dari The Iran Project, Rabu (30/8).

Bandara Internasional Imam Khomeini adalah bandara terbesar di Iran dan terletak sekitar 25 kilometer ke arah barat daya ibu kota Teheran. Bandara ini menawarkan layanan kepada 29 maskapai penerbangan internasional besar dengan penerbangan ke-64 tujuan di seluruh dunia.

Iran telah berupaya memosisikan dirinya sebagai pusat regional untuk perjalanan udara dan perdagangan karena lokasinya yang strategis di antara Asia, Eropa, dan Timur Tengah. 

Akan menjadi hub regional

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.