NEWS

Kemendag Siapkan Dua Skema Kebijakan Minyak Goreng

Pemerintah sedang mengkaji kebijakan baru minyak goreng.

Kemendag Siapkan Dua Skema Kebijakan Minyak GorengSejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7). (Antara/Galih Pradipta).
13 May 2024

Fortune Recap

  • Kementerian Perdagangan siapkan kebijakan untuk naikkan harga MinyaKita
  • Direktur Bahan Pokok dan Barang Penting, Kemendag, Bambang Wisnubroto ungkapkan ada dua kebijakan yang akan disiapkan
  • Perubahan HET MinyaKita karena harga keekonomian minyak goreng dianggap tidak sesuai lagi dengan harga biaya pokok produksi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perdagangan (Kemendag) sedang menyiapkan sejumlah opsi kebijakan dalam upayanya menaikkan harga minyak goreng pemerintah yakni Minyakita

Direktur Bahan Pokok dan Barang Penting, Kemendag, Bambang Wisnubroto mengungkapkan terdapat dua kebijakan yang akan disiapkan. 

“Pertama adalah penyesuaian HET dan opsi untuk minyak curah tidak lagi diperhitungkan jadi DMO," kata Bambang dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang disiarkan secara virtual, Senin (13/5).

Skema pertama terkait perubahan HET MinyaKita dilakukan karena harga keekonomian minyak goreng dianggap sudah tidak sesuai lagi dengan harga biaya pokok produksi yang terus mengalami perubahan.

Rata-rata harga MinyaKita pada pekan pertama Mei 2024 sebesar Rp16.083 per liter telah naik 0,87 persen dibandingkan harga pada pekan lalu. Sementara harga minyak goreng curah justru turun 0,06 persen menjadi Rp15.828 per liter dan minyak goreng premium turun 0,19 persen menjadi Rp21.051 per liter.

"Sejak DMO diberlakukan kurang lebih dua tahun, HET MinyaKita di kisaran Rp14.000 per liter, sementara harga pokok biaya produksinya sudah mengalami dinamika," ujarnya.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.