NEWS

Luhut Targetkan Pembangunan Industri Jelantah untuk Avtur September

Penggunaan minyak jelantah dibuat avtur dinilai lumrah.

Luhut Targetkan Pembangunan Industri Jelantah untuk Avtur SeptemberMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ketika memimpin Rapat Koordinasi Pembayaran Rafaksi Minyak Goreng, Senin (25/3). (Dok. Kemenko Marves)
29 May 2024

Fortune Recap

  • SAF ditargetkan meluncur pada @baliairshow, September mendatang, dengan potensi pasokan 1 juta liter minyak jelantah per tahun di Indonesia.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, memimpin Rapat Rancangan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Industri Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Indonesia, Rabu (29/5).

Rapat tersebut membahas tentang potensi industri minyak jelantah atau used cooking oil untuk dimanfaatkan sebagai Avtur berkelanjutan.

Dia menyatakan rencana untuk membangun industri minyak jelantah untuk avtur ditargetkan untuk dapat terealisasi tahun ini.

“Saya menargetkan setelah keluarnya Peraturan Presiden, SAF dapat kita luncurkan selambatnya pada @baliairshow September mendatang,” kata Luhut seperti dikutip dari akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Rabu (29/5).

Dia mengatakan penggunaan minyak jelantah sebagai bahan bakar industri Penerbangan sudah lumrah dilakukan di sejumlah negara, seperti Malaysia dan Singapura.

Indonesia memiliki potensi pasokan 1 juta liter minyak jelantah per tahun dan 95 persennya diekspor ke beberapa negara. Berdasarkan data Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau IATA, Indonesia diprediksi akan menjadi pasar aviasi terbesar keempat di dunia dalam beberapa dekade mendatang, “dengan asumsi kebutuhan bahan bakar ini mencapai 7.500 ton liter hingga 2030,” ujarnya.

Pertamina telah melakukan uji coba statis SAF untuk digunakan pada mesin jet CFM56-7B dan berhasil. 

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.