NEWS

Pemerintah Akan Siapkan Rp7,3 Trilun untuk Subsidi Motor Listrik

13 juta motor listrik ditargetkan ada di jalan pada 2030.

Pemerintah Akan Siapkan Rp7,3 Trilun untuk Subsidi Motor ListrikMotor listrik Gesits. (Shutterstock/Wulandari Wulandari)
24 May 2024

Fortune Recap

  • Pemerintah Indonesia siapkan dana US$455 juta untuk subsidi penjualan sepeda motor listrik.
  • Subsidi ditujukan untuk 800.000 sepeda motor listrik baru dan konversi 200.000 sepeda motor bermesin pembakaran.
  • Kementerian ESDM menargetkan 2 juta mobil listrik dan 13 juta kendaraan listrik roda dua dapat beredar di jalan pada 2030.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah Indonesia menyiapkan dana US$455 juta atau sekitar Rp7,3 triliun untuk subsidi penjualan sepeda Motor Listrik.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana, dalam acara IEA's 9th Global Conference On Energy Efficiency (GCEE) di Nairobi, Kenya.

Subsidi tersebut bakal ditujukan untuk penjualan 800.000 sepeda motor listrik baru dan konversi 200.000 sepeda motor bermesin pembakaran (BBM).

Dalam keterangan resminya yang dikutip Jumat (24/5), Dadan mengatakan pemerintah menyalurkan subsidi untuk mengatasi kesenjangan harga antara kendaraan listrik dengan kendaraan konvensional. Untuk menutup disparitas harga, pemerintah memberikan insentif pajak dan subsidi untuk mobil listrik, mobil hibrida, dan sepeda motor listrik.

Pemerintah menargetkan 2 juta mobil listrik dan 13 juta kendaraan listrik roda dua bisa beredar di jalan pada 2030. Untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik sesegera mungkin, Kementerian ESDM terus mempercepat pembangunan infrastruktur pendukungnya, yang salah satunya adalah memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU).

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.