NEWS

Proyek MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap I Target 2031 Rampung

Bakal ada 21 pemberhentian pada lintasan MRT Timur-Barat.

Proyek MRT Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap I Target 2031 RampungPresiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri), dan Dirut PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat saat pencanangan pembangunan fase 1 tahap 1 MRT lintas Barat-timur, Rabu (11/9). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
11 September 2024

Fortune Recap

  • Pembangunan MRT Jakarta timur-barat fase 1 tahap I ditargetkan selesai pada 2031, menghubungkan Medan Satria hingga Tomang.
  • Proses tender akan dimulai tahun depan (2025) dengan total 21 stasiun pemberhentian dan estimasi penumpang harian sebanyak 284.900 orang.
  • Pembangunan ini sebagai upaya negara dalam menyediakan layanan transportasi massal yang aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah DKI Jakarta.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat, mengatakan bahwa pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta lintas timur-barat fase 1 tahap I ditargetkan rampung konstruksinya pada 2031. 

Rute sepanjang 24,5 kilometer ini akan menghubungkan Medan Satria hingga Tomang.

“Setelah pencanangan hari ini, langkah selanjutnya ialah kita akan segera memulai proses tender yang rencananya akan dilakukan tahun depan (2025) dengan target penyelesaian proyek konstruksinya pada 2031,” kata Tuhiyat dalam keterangannya, Rabu (11/9).

Dia mengatakan pengerjaan MRT rute Medan Satria ini telah dicanangkan pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo. Nantinya rute ini bakal memiliki total 21 stasiun pemberhentian dengan estimasi penumpang 284.900 orang per hari.

“Pembangunan MRT lin timur-barat fase 1 tahap I ini merupakan bentuk hadirnya negara dalam menyediakan layanan transportasi massal yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Bagi MRT Jakarta, ini merupakan bagian dari pelaksanaan mandat yang telah diberikan untuk membangun dan memperluas jaringan MRT Jakarta sebagai backbone sistem transportasi modern perkotaan di wilayah DKI Jakarta,” ujarnya.  

Saat ini, pembangunan fase 2A MRT Lin utara-selatan yang menghubungkan Bundaran HI dengan Kota masih berlangsung. Namun, pemerintah bertekad untuk memperluas jaringan MRT di Jakarta agar makin terintegrasi.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.