NEWS

Strategi PIS Jawab Tantangan Transisi Energi Dunia

Rencana itu dipaparkan dalam Gastech Houston 2024

Strategi PIS Jawab Tantangan Transisi Energi DuniaPT Pertamina International Shipping (PIS) kembali menegaskan posisinya sebagai perusahaan marine logistic bertaraf internasional dengan ikut seforum GASTECH 2024
23 September 2024

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina International Shipping (PIS) menyiapkan sejumlah strategi untuk menjawab tantangan transisi energi dunia. Di antaranya dengan terus memodernisasi armada untuk operasional yang prima. 

Modernisasi operasional ini merupakan bagian dari komitmen PIS dalam menjawab tantangan transisi energi dunia yang bergerak cepat.

CEO PIS Yoki Firnandi menyatakan bahwa rencana modernisasi armada tersebut tak lepas dari tuntutan peran PIS yang bertanggung jawab atas kebutuhan energi nasional, sekaligus menjawab permintaan market internasional yang terus bertumbuh. 

"Kami sudah berencana untuk meremajakan dan memodernisasi lebih dari 130 kapal dalam tujuh tahun ke depan untuk modernisasi operasional kami," ujar Yoki dalam sesi panel diskusi di booth PIS dalam gelaran Gastech 2024 di Texas, Amerika Serikat. Peremajaan kapal tersebut tak hanya untuk kapal milik, juga termasuk kapal sewa yang dioperasikan oleh PIS.

PIS terus bergerak dalam menyiapkan infrastruktur

Booth PIS dalam gelaran Gastech 2024 di Texas, Amerika Serikat. (Dok. PIS)
Booth PIS dalam gelaran Gastech 2024 di Texas, Amerika Serikat. (Dok. PIS)

Perlu diketahui bahwa PIS saat ini menjadi urat nadi virtual energi Indonesia dengan mengangkut sekitar 160 miliar liter energi ke penjuru negeri dalam 20 ribu kali pengiriman. 

Lebih dari itu, Yoki juga menegaskan bahwa pihaknya juga tak hanya bersiap dalam peremajaan armada. Ia menyebut PIS juga terus bergerak dalam menyiapkan infrastruktur Carbon Capture and Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilisation and Storage (CCUS). Upaya ini tercermin dari kerja sama antara PIS dengan Nippon Yushen Kabushiki Kaisha Group (NYK), perusahaan perkapalan terkemuka asal Jepang.

"Pada saat bersamaan, kami harus berinvestasi untuk menghadapi kebutuhan energi dan masa depan. Contohnya adalah kerja sama kami dengan NYK dalam mengembangkan transportasi CCS di Indonesia," imbuh Yoki.

Wujud PIS mempercepat transisi energi

Sesi panel diskusi di booth PIS dalam gelaran Gastech 2024 di Texas, Amerika Serikat. (Dok. PIS)
Sesi panel diskusi di booth PIS dalam gelaran Gastech 2024 di Texas, Amerika Serikat. (Dok. PIS)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.