NEWS

Arak-arakan Timnas U-22 Juara SEA Games Bikin Macet, Erick Minta Maaf

Arak-arakan dimulai dari pukul 08.00 WIB dari Kemenpora.

Arak-arakan Timnas U-22 Juara SEA Games Bikin Macet, Erick Minta MaafArak-arakan Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games. (Doc: PSSI)
19 May 2023

Jakarta, FORTUNE - Arak-arakan Timnas Indonesia U-22 juara SEA Games pagi tadi membuat lalu lintas di sekitar Sudhirman-Thamrin, Jakarta Pusat macet total. Dilansir Antara, Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir karne itu melontarkan permintaan maafnya kepada masyarakat Jakarta atas kondisi tersebut.

"Ayo kita bangkitkan sepak bola Indonesia, kita revolusi mental dari sepak bola. Setuju?" kata Erick yang berada di atas bus arak-arakan saat tiba di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Erick Thohir dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo turut bersuka ria di atas bus atap terbuka yang digunakan untuk mengarak para pemain Timnas U-22 di jalan protokol DKI Jakarta.

Pawai kemenangan 87 emas SEA Games 2023 yang dicapai tim Indonesia itu membawa atlet para peraih medali emas berarak-arakan dimulai dari halaman Kemenpora, Jalan Sudirman, Bundaran HI, dan kembali lagi ke Gerbang Pemuda Gelora Bung Karno Senayan.

Dalam unggahan di akun resmi Instagramnya Kamis (18/5) Erick juga menyampaikan ucapan maaf tersebut lantaran pawai diikuti dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas. 

"Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas antusiasme seluruh pecinta sepak bola. Mohon maaf apabila acara ini menimbulkan keramaian sehingga diberlakukan rekayasa lalu lintas oleh pihak berwenang," ucapnya.

Seperti diketahui, Timnas Sepakbola U-22 Indonesia berhasil merebut emas di SEA Games usai mengalahkan Thailand di laga final. Pertandingan penuh drama yang dilakukan hingga babak tambahan waktu tersebut berakhir dengan skor 5-2 untuk Indonesia. Pencapaian medali emas itu didapatkan setelah 32 tahun lamanya tim sepakbola Indonesia tidak pernah menjadi juara di ajang olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut. 

Dikeluhkan pengguna jalan

Sebagai informasi, arak-arakan dimulai dari pukul 08.00 pagi dari Gedung Kemenpora menuju Jl. Jend. Gatot Subroto, Jl. Jend. Sudirman, Bundaran HI, Jl. Jend. Sudirman, hingga VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Acara ini sempat dikeluhkan para pengguna jalan via twitter. Misalnya dalam kolom balasan pada unggahan akun @jalur5_ —akun komunitas pengguna transportasi umum di Jakarta—pagi tadi.

Dalam unggahannya, akun tersebut menunjukkan video sejumlah peserta arak-arakan yang masuk ke jalur TransJakarta dan membuat lalu lintas busway menjadi tersendat.

"Arak-arakan SEA Games 2023 hari ini (19/4) menutupi Jl. Sudirman di sekitar Benhil. Parahnya sebagian peserta arak-arakan masuk ke jalur @PT_Transjakarta dan menghalangi pergerakan bus, sementara jalur bus harus steril," demikian bunyi kapsi unggahan tersebut.

Hingga pukul 16.30 WIB, unggahan tersebut mendapat 587 suka, 464 kutipan dan 308 komentar balasan. 

Sementara itu, Erick Thohir dalam siaran resmi PSSI, mengatakan arak-arakan yang digelar sejak pagi hari merupakan bentuk apresiasi PSSI dan Kemenpora terhadap perjuangan Timnas U-22. Namun begitu, Erick berpesan agar para pemain tidak terus larut dalam kebahagiaan.

"Saya rasa euforia sudah selesai. Sekarang kita persiapkan kembali untuk event-event selanjutnya," ujar Erick.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.