NEWS

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Erick peroleh 64 suara, LaNyalla dapat 22 suara.

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSIPengajuan diri Erick Thohir jadi Ketua Umum PSSI didukung oleh banyak pihak. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
16 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri BUMN Erick Thohir menenangkan pemungutan suara pemilihan ketua umum PSSI 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan hari ini (16/2). 

Erick mendapatkan 64 suara dari total 86 pemilik suara, mengalahkan pesaingnya LaNyalla Mattalitti—Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD)—yang mengantongi 22 suara.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan KLB itu akan diikuti oleh 86 pemilik suara (voters). Jumlah ini lebih sedikit daripada ketika Kongres Luar Biasa 2023 pada Januari yang diikuti oleh 87 voters. Perbedaan jumlah itu terjadi lantaran salah satu "voter", yakni klub Liga 2 PSMS, tidak masuk dalam daftar. Situasi tersebut diduga terjadi karena masalah dualisme kepemilikan.

Sementara untuk pemilihan, ada lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco 2023-2027 yang terlibat dalam persaingan memperebutkan kursi.

Selain Erick dan LaNyalla, tiga nama lain yang bersaing memperebutkan kursi ketua umum PSSI adalah Arif Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemi Francis. Belakangan, Fary menyatakan mundur sehingga hanya empat nama yang bersaing.

Selain Erick dan LaNyalla, pejabat negara yang terlibat dalam agenda tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Zainudin berstatus sebagai calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027. Dia bersaing dengan 14 nama lain, termasuk Sekretaris Jenderal PSSI periode 2017-2020, Ratu Tisha Destria, untuk mengisi dua posisi wakil ketua umum PSSI.

Kemudian, untuk jabatan anggota Exco 2023-2027, tercatat ada 54 calon. Mereka berupaya untuk mendapatkan salah satu dari 12 posisi anggota Exco PSSI. Total ada 73 nama yang memburu suara di KLB. Jumlah tersebut sejatinya berkurang dari sebelumnya 76 orang.

Dalam siaran langsung KLB PSSI di Instagramnya, Erick Thohir terlihat mengucapkan syukur setelah hasil akhir penghitungan menunjukkan namanya mendapat suara terbanyak.

Erick kemudian dihampiri sejumlah Exco PSSI, juga Zainuddin Amali. Mereka mengucapkan selamat kepada Erick diiringi teriakan "Hidup Ketua PSSI".

Ketika ditanya apakah ia telah memenangkan pemungutan suara, Erick singkat menjawab: "belum, belum selesai."

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.